TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Dinda, Mahasiswa STIKI Beri Tips Menjadi Public Speakers

16/05/2018 - 12:36 | Views: 5.19k
Dinda Maudi, Mahasiswa STIKI Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa STIKI Malang Dinda Maudi memberikan tips menjadi public speaker dalam acara Comunity Meetup.

Dinda yang seorang penyiar radio itu memberikan beberapa tips – tips dasar dari publik speaking. 

"Sering berlatih menjadi kunci sukses dari seorang public speakers. Sering berlatih dengan melihat performa kita saat berbicara di depan cermin," kata mahasiswa yang oernah menjuarai lomba Master on Ceremony (MC) ini.

Selain itu ia juga menyarankan untuk mengatur pernafasan. Kata Dinda ada dua jenis pernafasan yaitu pernafasan perut dan pernafasan dada. "Untuk pernafasan dada bisasanya digunakan disaat kita harus berbicara cepat, contohnya seperti saat menjadi penyiar radio, sedangkan pernafasan perut digunakan ketika menjadi MC ataupun saat pidato karena suara akan lebih panjang dan terdengar bulat," terangnya.

Soal penampilan juga tak kalah penting. Jangan sampai salah kostum dengan acaran yang dibawakan. 

Tips menjadi public speaker yang terakhir dari Dinda adalah persiapan yang matang. Baik itu persiapan materi, mental dan fisik. "Semua haris dipersiapkan sebaik mungkin, karena akan berpengaruh pada performa kita di depan audiens," tutup mahasiswi STIKI Malang itu. (*)

Penulis: Septa Noviana (CR-042)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search