TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

PA Ranti Pager Aji Unisma Malang, Gelar Latihan Rock Climbing di Pagak

12/07/2018 - 09:58 | Views: 11.99k
PA Ranti Pager Aji Unisma Malang. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Pecinta Alam "Ranti Pager Aji" Universitas Islam Malang (Unisma Malang)  menggelar Rangkaian kegiatan "Ekspedisi Lima Divisi" bidang Rock Climbing. Kegiatan itu bertempat di Tebing Lembah Kara, Dusun Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak Kabupaten Malang pada hari Jumat - Minggu (6 - 8/7/2018). 

Team Divisi Rock Climbing yang berangkat berjumlah 8 orang , 4 orang sebagai team pemanjat dan 4 orang lagi sebagai team pendukung.

rock-climbing.jpg

Berbagai macam aplikasi yang dilakukan ketika kegiatan pemanjatan diantaranya adalah Bouldering, Artificial Climbing dan Vertical Rescue.

Dimana Bouldering itu sendiri seni panjat memanjat di bebatuan besar tebing ataupun dinding yang relatif tidak terlalu tinggi tanpa menggunakan pengaman tali ataupun harnes dan dalam geraknya mementingkan aspek jimnastik dengan kelincahan dan kekuatan tenaga penuh. Dengan ketinggian pemanjatan maksimal 5 meter.

Artificial clmibing adalah pemanjatan tebing dengan bantuan peralatan tambahan karena sering sekali pemanjat menghadapi medan yang kurang/tidak memberikan tumpuan atau peluang gerak yang memadai, misalnya ada medan yang kosong.

rock-climbing-2.jpg

Biasanya pemanjatan ini dilakukan berkelompok dengan tugas yang jelas antara leader, cliner dan belayer berdasakan sistem belayer /fall protection. 

Vertical Rescue sendiri adalah Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) obyek (baik barang maupun manusi/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/vertical baik kering maupun basah. 

Pemanjatan kali ini Dilakukan guna Menambah Inventarisasi jalur pemanjatan di Tebing Lembah Kera sendiri dan Pengembangan Skill Rescue bagi Anggota Muda dan saat di lapangan.

Team Expedisi Lima Divisi menghadirkan Lembaga Spesialis Di Bidang Vertical Resque yaitu Vertical Resque Indonesia. Dengan senang hati mereka memberikan materi sekaligus mengaplikasikannya kepada Team Divisi Rock Climbing. 

Dengan begitu team Pecinta Alam "Ranti Pager Aji" Unisma Malang mendapatkan Teknik tambahan yang nantinya berguna untuk jenjang pendidikan selanjutnya. (*)

Penulis: Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search