TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Kenalkan e-Commerce, STIKI Malang Ajak UMKM Jadi Sukses

12/07/2018 - 14:08 | Views: 9.58k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (PPTIK) STIKI Malang mengajak 200 masyarakat yang didominasi para wanita dari karang taruna,kelurahan, UMKM, Dharmawanita dan LPMK kota Malang untuk melek IT dengan mengenalkan e-commerce.

Hal itu dilakikan STIKI Malang sebab selama ini masyarakat bekum menggunakan media internet secara optimal. Padahal di era digital ini, media internet dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian melalui e-commerce. 

“Selama ini masyarakat hanya mengira internet ya begitu-begitu saja.Rata-rata dari mereka justru menghindari media sosial.Padahal media sosial itu ada positif dan negatifnya,” ujar Ketua PPTIK STIKI Malang, Meivi Kartikasari,S.Kom, M.T.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari (11-12 / 7/2018), mengupas bagaimana memanfaatkan internet untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan. 

Pelatihan yang berlangsung selama dua jam ini juga mengedukasi penggunaan internet sehat sekaligus materi e-commerce. Begitu juga tips yang mengajarkan cara bertransaksi aman dan menguntungkan melalui marketplace tersebut.

Commerce-2.jpg

“Kami juga mengedukasi penggunaan beberapa aplikasi seperti shopee dan tokopedia dalam penjualan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat.Termasuk manganalisa produk-produk yang dijual melalui aplikasi tersebut,” tutur wanita berjilbab ini.

Rata-rata UMKM belum memiliki akun e-commerce, namun hal tersebut justru membuat peserta antusias. Sebab melalui pelatihan ini dapat mengetahui cara membuat akun sekaligus pengembangannya mulai dari awal. Terlebih bagi UMKM penting sekali edukasi tentang marketplace untuk meningkatkan pendapatan.

“Peserta melakukan transaksi onlinedengan menggunakan aplikasi yang sudah ada. Kami senang mendapat respon dari peserta yang begitu antusias mengikuti pelatihan, bahkan minta diadakan lagi, karena peserta senang telah memiliki marketplace. Waktu terbatas dan masih banyak hal yang belum tersampaikan, sehingga akan lebih spesifik membahas e-commerce,” beber wanita yang juga menekuni bisnis ini.

Selama ini, PPTIK sudah bekerjasama selama lima tahun dengan pelatihan  bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo ) Pemkot Malang, BKBP Tulang Pisau Kalimantan Tengah, dan beberapa sekolah jenjang SMP hingga SMA serta beberapa perusahaan melalui in house training. 

Kedepan, diharapkan PPTIK STIKI Malang dapat melakukan kerja sama berkelanjutan untuk pembahasan yang lebih fokus pada e- commerce. (*)

Penulis: Septa Noviana (CR-042)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search