TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Olahraga
Piala AFF U-19

Gagal ke Final, Indonesia Kalah Penalti dari Malaysia

12/07/2018 - 22:06 | Views: 7.35k
Suasana seusai pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Malaysia U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam. (FOTO: Rudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJOTimnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke final Piala AFF U19 setelah kalah lewat tendangan adu penalti melawan Malaysia U-19 dalam babak semifinal Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam.

Pertandingan waktu normal 90 menit Garuda Nusantara harus bermain imbang  1-1 dengan Malaysia. Pertandingan pun harus diselesaikan lewat adu penalti yang berkesudahan dengan 3-4 atas keunggulan Malaysia.

Sebenarnya permainan anak asuh Indra Sajfri langsung melakukan penyerangan  setelah peluit babak pertama ditiup wasit.

Bahkan serangan pertama Saddil Ramdani yang melakukan penetrasi dari sisi kanan gawang Malaysia, terpaksa  dilanggar oleh pemain Malaysia di dalam kotak penalti saat laga baru berjalan belum ada 1 menit. 

indonesia.jpg

Wasit pun menunjuk titik putih, hadiah penalti untuk Timnas Indonesia U-19. Egy Maulana Vikri mengambil tendangan duabelas pas tersebut dengan sempurna mengeksekusi penalti dan merubah papan skor 1-0 di menit ke-1 untuk keunggulan Indonesia.

Gol cepat itu tak membuat pemain-pemain Malaysia kehilangan semangat. Malaysia justru terus melakukan serangan ke lini pertahanan Indonesia yang dijaga kiper Riyandi. Dan pada menit ke 14 lewat umpan sepak pojok  sundulan Muhammad Syaful membobol gawang Riyandi, skorpun berubah imbang 1-1.

Indonesia kembali menekan Malaysia. Beberapa kali aksi individu pemain Indonesia menyulitkan pertahanan Malaysia, namun belum ada tambahan gol hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, kedua tim saling jual beli serangan. Timnas Indonesia maupun Timnas Malaysia silih berganti melakukan serangan yang memaksa lini pertahanan kedua tim bekerja keras menghalau bola.

Di menit ke 53 melalui tendangan bebas Timnas Malaysia sempat mengancam gawang Indonesia. Tapi kiper Riyandi dengan cermat berhasil meninju bola yang mengarah ke tiang dekat gawangnya. 

Indonesia gantian memberikan ancaman berbahaya melalui Egy Maulana di menit ke-62. Mendapat bola lambung dari Todd Rivaldo Ferre dari tengah, Egy berhasil mengontrol bola di dalam kotak penalti. Kiper Malaysia yang keluar dari sarang berhasil dikecoh, namun bola sepakan Egy masih mengarah tipis di samping gawang Malaysia.

Sayangnya penampilan apik Egy harus terhenti di menit 87 setelah Egy mengalami cidera di kaki kanannya. Egy meninggalkan lapangan pertandingan dan posisinya digantikan oleh Hannis Sagara.

indonesia-2.jpg

Baru dua menit laga bermain, Hannis sudah mengancam gawang Malaysia. Tapi tendangannya masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Malaysia.

Hingga empat menit tambahan waktu babak kedua berakhir tak ada gol yang tercipta. Kedua tim bermain imbang 1-1.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Sayang tendangan 3 pemain Timnas Indonesia U-19yakni Hanis Sagara, Firza Andika, Wiltan tidak membuahkan gol di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Malaysia menang adu penalti 3-2 dan melangkah ke Final Piala AFF U-19 melawan Timnas Myanmar. (*)

Jurnalis: Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Sidoarjo
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search