TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Amazing Blitar

Blitar Raya Komitmen Jaga Kondusivitas untuk Wujudkan Amazing Blitar

17/05/2018 - 09:46 | Views: 10.10k
Rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder di Blitar Raya dalam rangka menjaga kondusifitas daerah di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARPemerintah Kota/Kab Blitar berkomitmen menjaga kondusifitas. Dengan situasi yang selalu aman dan tentram, maka Amazing Blitar bisa dinikmati semua warganya. 

Pemerintah Kabupaten/Kota Blitar bersama Forkopimda menggelar rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder di Blitar Raya dalam rangka menjaga kondusifitas daerah di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. Koordinasi dilakukan pasca kerusuhan di Mako Brimob yang mengakibatkan 5 anggota Brimob gugur dan serangan bom di beberapa gereja.

Hadir dalam tersebut antara lain Wakil Walikota Blitar, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, Ketua KPU Kabupaten Blitar, FKUB, MUI, FKDM, Kepala OPD dan Camat Kabupaten/ Kota Blitar.

Rapat-koordinasi-blitar.jpg

Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya mengajak semua yang hadir dalam rakor tersebut berdoa untuk para korban kerusuhan di Mako Brimob juga korban serangan bom di Surabaya.

"Saya juga mengingatkan agar seluruh yang hadir memberikan rasa aman sehingga masyarakat tetap tenang," ucap Bupati Rijanto, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M.Ridha  menyampaikan bahwa kejadian mulai Mako Brimob sampai serangan bom di Surabaya  bertepatan menjelang momen penting yakni kesiapan bulan suci Ramadhan dan Pilkada serentak. Untuk itu perlu langkah-langkah preventif agar tidak berpengaruh di Blitar. 

"Seluruh elemen, masyarakat harus waspada terhadap kegiatan teroris. Camat maupun Kapolsek harus sering mendatangi pelabuhan kecil yang bisa dijadilan jalur masuknya jaringan teroris. Ini termasuk kawasan Blitar Selatan yang rawan menjadi jalur untuk mereka masuk," kata Anissullah. 

Terkait hal itu, Polres Blitar merekomendasikan antara lain perlu deteksi dini, perkuat pam mako, penebalan pengamanan kegiatan masyarakat oleh semua unsur, dan menghidupkan kembali siskamling.

 "Tamu wajib lapor 1x24 jam  termasuk peran pemerintah dipertegas lagi. Selain itu bagi Kapolsek harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada ?masyarakat," imbuhnya. 

Terkait CCTV, Bupati/Walikota harus menerbitkan Perda tentang CCTV.Bahkan sekarang ini Polsek wajib pasang CCTV dan kedepan pengusaha akan diminta IP addres. 

Diakhir sambutannya, Kapolres Blitar juga berpesan agar ASN berperan melakukan langkah preventif terhadap sinyalemen jika terjadi di masyarakat. 

"Blitar nomor lima sebagai daerah teraman harus dipertahankan. Rangkul semua masyarakat.Dan tupoksi diperjelas," tegasnya. 

Ditempat yang sama, Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar menyampaikan harus bersama-sama melakukan langkah antisipasi yang efektif untuk mencegah teroris para pelaku tidak bergerak menuju sasaran.

"Untuk itu perlu kembali dihidupkan pamswakarsa, aktifkan kebali komunikasi dari tingkat RT/RW," ujar Adewira. 

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0808 Blitar. Dia mengungkapkan komunikasi sosial terus dilaksanakan. Wajib lapor yang sudah menjadi budaya ditegakkan lagi.Babinsa harus lebih ekstra melakukan kunjungan ke seluruh lalisan masyarakat desa binaannya. Pihaknya juga siap membantu pihak keamanan baik vertikal maupun horisontal. Selain itu juga disarankan untuk menanamkan jiwa cinta tanah air dan bangsa, nasionaisme dan patriotisme. Juga harus berani melawan rasa takut terhadap teror. Harapannya Blitar damai dan tenteram.

Diakhir rakor Bupati Blitar membacakan pernyataan yang isinya antara lain menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi. Pemerintah dan forkopimda Blitar akan menindak tegas bagi siapa saja yang berusaha memecah belah NKRI , menjaga persatuan dan kesatuan, dan menjaga Bhineka Tunggal Ika, Blitar Raya, TNI/POLRI sinergi menjaga rasa kebhinekaan di Blitar.Komitmen ini akan mendorong Amazing Blitar yang aman, tentram dan sejahtera bagi warganya. (*)

Penulis: Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search