TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Amazing Blitar

Amazing, Bapenda Pemkab Blitar Capai PAD Rp 110 Miliar

13/07/2018 - 09:05 | Views: 8.30k
Kepala Bapenda Pemkab Blitar Ismuni. (FOTO: AJP TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARAmazing, Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Pemkab Blitar  berhasil mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) di pertengahan tahun 2018. 

Terhitung sejak Januari hingga Juni 2018, capaian PAD  tercatat sudah menyentuh angka 50,77 persen atau Rp 110 miliar. Dengan capaian tersebut Bapenda optimis mampu memenuhi target PAD 2018 sebesar Rp 280 miliar. 

"Alhamdulillah sesuai dengan hasil evaluasi PAD semester pertama sudah tercapai 50,77 persen. Atau sekitar Rp 110 miliar dari baku ketetapan yang sudah ditentukan sebelumya," jelas Kepala Bapenda Kabupaten Blitar Ismuni, Jumat (13/7/2018).

Dalam evaluasi ini Bapenda juga  memberi motivasi kepada seluruh OPD untuk semakin giat meningkatkan PAD.  Bapenda menilai, masih banyak potensi-potensi di Kabupaten Blitar yang bisa dikembangkan dan bisa mendatangkan PAD.  Satu diantaranya sektor pariwisata. Saat ini Pemkab Blitar memang sedang fokus untuk mengembangkan desa wisata. 

"Masih banyak potensi yang bisa dikembangkan,  sehingga target PAD setiap tahunnya terpenuhi dan bisa terus ditingkatkan," imbuhnya.

Dari hasil evaluasi, PAD terbesar disumbang oleh Badan Pegelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mencapai 55,65 persen. Disusul RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dengan 53,40 persen. Lalu di urutan ketiga ditempati Bapenda dengan angka 51,68 persen.

"Saya kira realisasi kita sampai saat ini terbilang aman, karena sesuai target di semester pertama harus sudah mencapai 40 persen," tambahnya.

Dari 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil PAD, memang masih ada satu OPD yang masih jauh tertinggal. Namun hal itu tak berpengaruh besar pada jumlah kumulatif penerimaan. 

"Ada satu OPD yang memang belum memenuhi target. Seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat ini masih mencapi 10, 82 persen," jelas Ismuni.

Bapenda akan terus melakukan evaluasi-evaluasi kepada masing-masing OPD. Utamanya OPD yang masih rendah target PADnya. Hal ini untuk mengetahui penyebab masih rendahnya realisasi yang dicapai.

Capaian PAD separuh dari target selama tahun ini, mewujudkan slogan Amazing Blitar mampu mendongkrak semangat kerja semua elemen masyarakatnya. (*)

Penulis: Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search