TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Pembangunan Akses Desa, Dongkrak Pemasaran Hasil Bumi

18/07/2018 - 14:30 | Views: 7.30k
Semangat warga desa pasegeran bersama Satgas TMMD dalam pembuatan rabat beton. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Rendahnya harga beli hasil panen warga Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum selama ini tidak terlepas dari akses jalan yang ada kurang layak dilalui. Imbasnya, jika musim panen harga jual mereka anjlok lantaran pemasarannya terhambat biaya angkut panen, sehingga warga memilih dibeli tengkulak yang datang ke desa.  

Sujari (70) petani Dusun Karanggondang Rt. 03 Rw. 02 Desa Pasegeran, mewakili petani lainnya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran TNI Kodim 0704/Banjarnegara yang sedang membeton jalan desanya sepanjang 1,1 kilometer.

TMMD-dalam-pembuatan-rabat-beton-2.jpg

''Mewakili para petani di desa, saya menyampaikan terimakasih banyak Pak,” ungkapnya kepada Serda Rusino, anggota penerangan Kodim 0704/Banjarnegara.

Dikatakan Serka Chobirin, anggota Satgas TMMD Reguler 102 dari Kodim 0704 Banjarnegara, yang mendapat jatah pengecoran rabat beton bahwa dirinya tak segan-segan membantu warga petani jika dilihatnya sedang memanen atau mengangkut hasil buminya, “Sudah menjadi kewajiban prajurit membantu petani. Ini juga merupakan bentuk upaya khusus Babinsa di wilayah dalam pendampingan pertanian, demi swasembada pangan Banjarnegara.” Ungkapnya.

Jadi secara langsung, kegiatan TMMD mendorong produktivitas pertanian dan kesejahteraan pelakunya di Desa Pasegeran, sebab hasil bumi lah yang menjadi andalan ekonomi warga desa tersebut.

Setelah jalan beton tersebut jadi nanti, pengangkutan hasil bumi akan mudah dan murah serta tidak mengandung banyak resiko yang sebelumnya jalan licin, becek, berbatu dan terjal ekstrim. Perbaikan akses transportasi serta merta akan mengdongkrak harga jual panen para petani. (*)

Penulis: Kusnadi (CR-107)
Editor : AJP-1 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search