TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Letkol Agus Setiandar Imbau Budaya Gotong Royong di TMMD Kodim Lotim

22/07/2018 - 17:33 | Views: 7.11k
Satgas TMMD ke 102 dan warga bergotong royong membangun gorong-gorong dilokasi TMMD di Lombok Timur, NTB. (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMURDandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar meminta budaya dan semangat gotong royong dapat terus dihidupkan pada era globalisasi melalui TMMD Kodim Lotim. Menurutnya, semangat dan budaya gotong royong ini sudah mulai ditinggalkan akibat gempuran budaya barat yang mengedepankan kepentingan individu dan budaya konsumtif.

Ia menilai, budaya gotong- royong dapat dihidupkan kembali melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  dengan keterlibatan semua unsur terutama dari instansi maupun lembaga sosial kemasyarakatan. 

"Hendaknya Kepala Desa beserta perangkatnya bersama-sama mengajak dan menghimbau masyakarat untuk turun bergotong-royong saling bahu membahu menyelesaikan setiap pekerjaan untuk kepentingan bersama", katanya, di Lombok Timur, Minggu (22/7/2018).


Namun, Agus mengaku bersyukur, pasalnya di tiga Desa (Desa Sukadamai, Desa Sukaraja dan Desa Wakan) yang menjadi sasaran program TMMD Kodim Lotim tahun 2018 masyarakatnya masih ada kepedulian untuk ikut bergotong royong. 

"Hal ini menunjukan masih adanya kesadaran masyarakat setempat untuk menghidupkan kembali budaya bergotong royong," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan merakyatnya anggota Satgas TMMD dengan melaksanakan anjangsana ataupun bersilaturrahmi kerumah-rumah warga dan bercengkrama bersama masyarakat setempat merupakan salah satu wujud keberhasilan dan kesuksesan program TMMD.   

"Masyarakat bersama personel Satgas TMMD harus bekerja sama menuntaskan seluruh program TMMD baik sasaran fisik maupun non fisik selama satu bulan sejak mulai dibuka pada Selasa (10/07/2018) hingga penutupan pada bulan depan," ucap Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar yang juga Dansatgas TMMD Kodim Lotim ini. (*)

Jurnalis: Anugrah Dany Septono
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search