TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

AMKRI: Pemerintah Harus Naikkan Harga Rokok

22/07/2018 - 21:08 | Views: 8.24k
Deklarasi naikkan harga rokok, AMKRI, minggu, 22/7/2018(FOTO: Nasrullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia (AMKRI) mendeklarasikan sikap untuk mendesak pemerintah Jawa Timur terkait bahaya konsumsi rokok. Deklarasi dilaksanakan di ruang Multifunsion BG Janction Mall, Surabaya, Minggu,(22/7/2018)

Hal ini disampaikan langsung oleh koordinator AMKRI, Helena Liswandi, saat menerangkan bahaya rokok untuk kesehatan masyarakat. Ia mengungkapkan dalam upaya advokasi, yang terpenting dilakukan oleh AMKRI untuk mengendalikan tembakau adalah suara para korban. Menurutnya, suara para korban merupakan saksi sekaligus bukti nyata akaan bahaya rokok dan kehidupan masyarakat.

AMKRI-1.jpg

"Dampaknya pada kehidupan korban, baik dalam kesehatan, hubungan sosial masyarakat dan keuangan. Untuk itu para korban harus bersuara keras dalam kampanye pengendalian tembakau, selain advokasi pada masyarakat namun juga masif dalam melakukan advokasi kebijakan dari pemerintah," ungkapnya di hadapan awak media.

Helena juga mengungkapkan bahwa AMKRI bersama komnas pengendalian tembakau dan Universitas Airlangga Surabaya intens mengadakan kegiatan pembekalan pada korban rokok di Jawa Timur dan menampilkan mereka sebagai suara-suara baru dalam upaya pengendalian tembakau.

"Kami bersama komnas pengendalian tembakau dan Universitas Airlangga terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, dan menampilkan korban rokok untuk penyedaran pada masyarakat betapa bahayanya rokok bagi kehidupan," ungkapnya.

AMKRI-2.jpg

Tak hanya pengendalian tembakau, AMKRI juga mendesak pemerintah untuk segera menaikkan harga rokok. Sebab, menurut Helena, murahnya harga rokok menjadi salah satu faktor utama yang membuat masyarakat dengan mudah membeli rokok. Tak terkecuali anak kecil.

"Karena harga rokok yang murah, mempermudah anak kecil untuk membeli rokok. Apalagi ada yang dijual eceran. Maka dari itu, AMKRI mendesak pemerintah untuk segera menaikkan harga rokok," ujarnya dengan nada meninggi.

Ada empat tuntutan AMKRI yang tertuang dalam deklarasi bersama. Yakni, (1) Mendesak pemerintah RI dan DPR RI untuk segera membentuk dan menegakkan kebijakan tentang pengendalian rokok. (2) Menolak segala bentuk iklan, promosi dan sponsor industri rokok termasuj tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang terselubung. (3) Ikut berperan dalam menyampaikan informasi dan edukasi tentang bahaya rokok kepada masyarakat dengan sebenar-benarnya. dan (4). Menaikkan harga rokok setinggi mungkin sampai tidak dapat dijangkau oleh anak-anak, remaja, dan masyarakat luas terutama masyarakat miskin. (*)

Jurnalis: Nasrullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search