TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Desain Tekstil Karya Pelajar, Tonjolkan Kearifan Kota Kharismatik

08/08/2018 - 23:03 | Views: 8.49k
Peserta lomba desain tekstil tingkat pelajar sedang menyelesaikan karyanya (FOTO: Pamula Yohar/TIMES Madiun)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pelajar SMP-SMA sederajat di Kota Kharismatik Madiun adu kreativitas dalam lomba poster dan desain tekstil yang digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga setempat. Lomba poster diikuti siswa SMP/MTsN, sedangkan peserta lomba desain tekstil adalah siswa SMA/MA/SMK. Tiap sekolah mengirimkan 5 perwakilan untuk masing-masing kategori lomba.

Meskipun masih belia, kreativitas para peserta patut diacungi jempol. Karya poster siswa SMP misalnya. Peserta cukup kreatif menyajikan pesan dalam bentuk coretan gambar dan tulisan yang berisi imbauan dan ajakan sesuai dengan tema. Tujuannya, agar para pelajar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang tekun, disiplin, berdedikasi, santun dan bermartabat. 

Sementara itu, pelajar SMA yang mengikuti lomba desain tekstil disyaratkan membuat motif yang mencerminkan kearifan lokal Kota Madiun.

"Pelajar sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat meneruskan dan melestarikan kearifan budaya lokal. Serta mengembangkan kreasi dan imajinasinya dalam bidang desain tekstil," ujar Sugeng Priyanto, salah seorang juri lomba.

Menurut dia, penilaian lomba desain tekstil didasarkan pada orisinalitas, artistik, teknik, kreativitas,dan keselarasan dengan tema yang telah di tentukan panitia penyelenggara.

Lomba Poster juara I diraih Annisa Orchitea dari SMPN 1 Madiun, juara II Choirrunissa Asahra SMPN 14 Madiun dan juara III Angela Elsa S.K dari SMPN 1 Madiun.

Sedangkan pemenang lomba desain tekstil adalah Nadia Hadi Cantika Arini dari SMAN 5 Madiun (juara I), Kharisma Ami Anlia dari SMAN 5 Madiun dan Annisa Rohmatul dari SMKN 1. Karya siswa berupa desain tekstil ini mampu menunjukkan kearifan lokal Kota Kharismatik Madiun. (*)

Jurnalis: Pamula Yohar C
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madiun
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search