TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

KPN 2018 Telah Siap 90 Persen, Ini Penjelasan Kwarda Jatim

10/08/2018 - 20:42 | Views: 4.08k
Karang Pamitran 2018 di Desa Lebakhardjo telah siap 90% yang 10% Panitia kelola kehadiran peserta. (FOTO: Widodo irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKarang Pamitran Nasional atau KPN 2018 di Desa Lebakhardjo, Kecamatan Amlelgading, Kabupaten Malang sudah siap 90% dan yang 10 % justru ada di panitia dalam soal sarana dan prasarana mulai persiapan opening hingga mengelola kehadiran peserta.

Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, AR Purmadi mengatakan, diharapkan pada tanggal 13 Agustus 2018 hingga sore hari pukul 17.00 seluruh peserta sudah bisa tertampung di lokasi homestay di desa Lebakhardjo, Kecamatan Amlelgading, Kabupaten Malang.

"Kalau yang datang malam, sesuai saran dari pak Bupati Malang tadi, kami transitkan dulu agar keamanannya terjamin," kata Purmadi.

Dikatakan, desa Lebakhardjo adalah desa yang fenomenal dan monumental bagi Indonesia yang sejak 1978 ditunjuk sebagai tempat pertemuan Perkemahan Wira Karya Pramuka se Asia Pasifik (PW ASPAC) telah sukses besar dalam kegiatan itu.

Untuk diketahui, TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menjadi media partner Kwarnas Pramuka dalam even nasional KPN ini. Media online nasional tersertifikasi Dewan Pers ini mensupport program Pramuka untuk produksi konten positif secara nasional.

Karang-Pamitran-2.jpg

Tahun 1989 diikutkan Lomba Habitat Internasional dan menjadi runner up tingkat dunia dalam rangka memelihara semua komponen demografi yang ada di lembah Lebakhardjo.

Tahun 1993 dipercaya lagi juga sebagai tuan rumah tingkat dunia yakni COMDECA untuk pramuka tingkat penegak usia 16-25 tahun. "Atas dasar itulah desa ini oleh Gubernur Jawa Timur pada tahun 2011, desa ini ditetapkan sebagai Desa Pramuka," ujarnya.

Bahkan harapan Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, nantinya Desa Pramuka Lebakhardjo ini bisa dikukuh lewat Peraturan Bupati atau Perda. "Sebab karakter masyarakatnya yang mayoritas kepala keluarga di Lebakhardjo ini dulu adalah panitia pelaksana PW ASPAC dan kegiatan COMDECA itu saat mereka masih muda," tandas Purmadi.

Sehingga karakternya dalam berkeluarga mereka menggunakan prinsip-prinsip kepramukaan. Karena itu struktur gang-gang di sana menggunakan nama-nama Pramuka, seperti siaga, pandega, penegak, penggalang dan sebagainya.

Bahkan dipojok-pojok kampung bukan hanya Pancasila dan 10 program pokok PKK saja, namun ada Tri Satya, Dasa Dharma. "Artinya disitu, baik hati, aplikasi bermasyarakat sampai pada ide, masih sangat lekat sekali dengan kepanduan praja muda karana," tegasnya.

Bagi desa Lebakhardjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang ini kali pertama menerima kehadiran Karang Pamitran Nasional atau KPN 2018 itu yang pesertanya bukan anak-anak tapi pembina pramuka, yang membina anak-anak. (*)

Jurnalis: Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search