TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Lima Bakal Caleg di Kota Probolinggo Dicoret KPU

10/08/2018 - 21:27 | Views: 3.78k
Penyampaian verifikasi hasil perbaikan oleh KPU Kota Probolinggo (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Lima bakal caleg di Kota Probolinggo, Jatim, dinyatakan tak memenuhi syarat (TMS) sebagai caleg oleh KPU setempat.

Lima bakal caleg itu, berasal dari tiga parpol yang berbeda. Meliputi Parpol Hanura tiga orang, Parpol Gerindra satu orang, dan Parpol Berkarya satu orang.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Probolinggo, usai Penyampaian Verifikasi Hasil Perbaikan Persyaratan Calon dan Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kota Probolinggo, Jumat (10/8/2018) sore.

"Yang memenuhi syarat 315 orang. Yang tidak memenuhi syarat, 5 orang," ungkapnya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id). Kelima orang bakal caleg yang dimaksud, tak masuk dalam DCS.

Hudri menjelaskan, kelima bakal caleg tersebut dinilai tak memenuhi syarat karena dua sebab.

Sebab pertama, ganda. Satu orang bakal caleg, tercatat di dua parpol berbeda: Perindo dan Berkarya. "Yang bersangkutan sudah memilih satu parpol, sehingga (di parpol, Red) yang satuanya TMS," terangnya.

Sebab kedua, tidak melengkapi persyaratan hingga berakhirnya masa perbaikan. Sebab kedua ini, terjadi pada empat orang bakal caleg sekaligus.

Bakal caleg Gerindra yang TMS, tercatat di dapil II (Kademangan-Kedopok). Bakal caleg Berkarya yang TMS, juga tercatat di dapil II ini.

Adapun tiga bakal caleg Hanura yang TMS, masing-masing tercatat di dapil I (Wonoasih-Kanigaran) berjenis kelamin perempuan, dapil II (Kademangan Kedopok), dan dapil III (Mayangan).

Hudri menyebutkan, pihaknya jauh-jauh hari telah mengkomunikasikan kekurangan tersebut kepada parpol bersangkutan. Pengurus parpolnya juga sudah diberi tahu. Tapi hingga batas akhir perbaikan, berkas yang kurang tak dilengkapi sehingga bakal caleg tersebut TMS. (*)

Jurnalis: Muhammad Iqbal
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search