TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Amazing Blitar

Cuaca Buruk, Disnakkan Beri Pelatihan Keterampilan Ke Nelayan

15/08/2018 - 10:20 | Views: 11.77k
Pelatihan olahan pangan berbahan dasar ikan oleh Disnakkan Pemkab Blitar. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, membuat nelayan tak bisa melaut. Otomatis mereka tidak mendapat berpenghasilan. Namun Disnakkan Pemkab Blitar punya jurus Amazing untuk memberikan solusinya.

Disnakkan Kabupaten Blitar selaku dinas pembina, memberikan tambahan ketrampilan bagi nelayan binaan. Pelatihan ketrampilan ini diberikan agar nelayan punya alternatif pekerjaan lain yang bisa menghasilkan pendapatan baru.

Pelatihan-Ketrampilan-Ke-Nelayan.jpg

Sebanyak 1.050 nelayan di sepanjang pesisir Blitar selatan mendapat beragam pelatihan secara bergantian. Seperti pelatihan pembuatan bakso ikan, sosis ikan, tahu ikan dan somai ikan.

"Hari ini pelatihan kami gelar di Desa Jabung Kecamatan Talun. Ada 20 nelayan dan istrinya yang kamj bina dengan ketrampilan membuat variasi olahan berbahan dasar ikan," jelas Kabid Perikanan Tangkap Disnakkan Pemkab Blitar Restu Palupi, Rabu (15/8/2018).

Pelatihan-Ketrampilan-Ke-Nelayan-3.jpg

Blitar yang terletak di wilayah pesisir pantai selatan, memiliki potenai panjang pantai 45 Km. Tempat pendaratan ikan 9 lokasi dan luas terumbu karang +/- 10 Ha. Produksi perikanan tangkap laut dan PUD Tahun 2016 sebanyak 886 Ton. Ini merupakan potensi Amazing Blitar dibidang kelautan.

Dinas Peternakan dan Perikanan selaku OPD teknis pembina nelayan, bekerja sama dengan pengusaha ikan mencarikan alternatif pekerjaan bagi para keluarga nelayan. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejateraan keluarga nelayan.

"Diharapkan dengan pelatihan ini, keluarga nelayan dapat mengaplikasikan ilmu yang di berikan dan membuat usaha pengolahan ikan tersebut," pungkas Restu.

Penulis: Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search