TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Cetak Juru Sembelih Halal, BBPP Batu Sertifikasi Juleha Se-Jawa

15/08/2018 - 21:55 | Views: 26.24k
Ketua Umum DPP Juleha Indonesia Menyerahkan Kaos Juleha dan Pisau Halal kepada Kepala LSP Pertanian Pusat (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sedikitnya ada 32 juleha (juru sembelih halal) se-Pulau Jawa diuji kompetensinya oleh 3 asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Pusat Kementan. Uji kompetensi dilaksanakan 14 Agustus 2018 di BBPP Batu (Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu).

Uji dan Sertifikasi Kompetensi Profesi Juleha ini dibuka langsung Kepala LSP Pertanian Pusat yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Kementan RI Dr. Ir. Widi Hardjono, M.Sc.  

Legalitas profesi juleha saat ini menjadi sangat penting karena titik kritis kehalalan produk daging diawali dari penyembelihan hewan halal. Kehalalan tersebut hanya bisa terjamin jika penyembelihan dilakukan oleh juleha, apalagi juleha yang telah tersertifikasi.

BBPP-Batu.jpg

Selain itu juga karena tuntutan yang sangat besar pada pasar global tentang kehalalan daging, terutama di negara dengan mayoritas muslim. Ujar Widi dalam sambutannya. 

Sementara, Kepala BBPP Batu, Apri Handono, M.M.,  mengingatkan agar para juleha melakukan kaderisasi untuk generasi penerusnya. "Setelah lulus uji kompetensi, Anda berhak mendapatkan sertifikat profesi juleha dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),'' ujarnya.

"Jika juleha sudah bisa mengantongi sertifikat tersebut, saudara akan bisa mendapatkan kesempatan bekerja lebih luas di negara lain. Apalagi di dalam negeri. Semoga semua juleha yang hadir,  bisa semuanya lulus uji dan sertifikasi,'' ujar Apri berharap. 

Para asesor juleha yang bertugas dalam uji kompetensi ini antara drh. Dwi Windiana, M.Si dari BBPPKH Cinagara,  Hendro Cahyono,  S.Pt., M.Si. dari BDP Mataram dan  Mujiburrohman dari DPP Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI).

BBPP-Batu-b.jpg

Mereka akan melakukan proses uji kompetensi selama 3 hari di BBPP Batu. Dimulai dari penilaian portofolio, ujian tertulis, ujian lisan dan unjuk kerja untuk 13 unit kompetensi juleha. Unjuk kerja penyembelihan hewan halal akan dilaksanakan di PD. RPH Kota Malang. 

Sementara, Wasis Sarjono, S.Pt., M.Si., ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) - BBPP Batu dalam laporannya mengatakan, 32 juleha yang lulus seleksi administrasi ternyata secara keshalihan sudah terbukti.

"Ini saya saksikan sendiri saat shalat Subuh berjama'ah tadi, Masjid At Tarbiyah BBPP Batu, shaf jama'ahnya hingga 3 shaf penuh. Biasanya saya cuma bertiga dengan Kepala BBPP Batu dan Kepala Bagian Umum yang tinggal di rumah dinas,'' ujar Wasis melaporkan. 

Eko Saputro, Widyaiswara Juleha, salah satu peserta asesmen ini sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini. "Saya malu jika ternyata saya yang sering menjadi narasumber dan instruktur di banyak pelatihan atau bimbingan teknis juleha, belum punya legalitas kompetensi profesi juleha,'' katanya.

Ketua Umum DPP Juleha Indonesia  M. Ali Subarkah yang juga menjadi peserta asesmen memberikan kenang-kenangan kepada Kapuslatan sekaligus Kepala LSP Pertanian Pusat berupa kaos resmi Juleha Indonesia dan pisau sembelih halal buatan dalam negeri.

Organisasi Juleha Indonesia adalah komunitas penggemar atau yang punya hobi penyembelihan hewan halal. Organisasi ini ada sampai setiap wilayah propinsi kepengurusannya. Organisasi ini mengirimkan 23 juleha anggotanya dalam asesmen ini ke BBPP Batu. (*)

Penulis: Eko Saputro (CR-103)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search