TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Amazing Blitar

Dorong Amazing Blitar, DLH Siapkan Desa Berseri Tingkat Madya

16/08/2018 - 07:33 | Views: 12.22k
Pembinaan pengelolaan lingkungan di Desa Pojok oleh DLH Pemkab Blitar. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blitar terus galakkan peningkatan pengelolaan lingkungan. Karena dengan menjaga keseimbangan alam, akan terwujud Amazing Blitar yang alamnya lestari dan nyaman. 

Upaya itu di antaranya, mendorong beberapa desa maju dalam lomba Desa Berseri. Satu di antaranya adalah Desa Pojok Kecamatan Garum. 

Pada tahun 2018 ini, Desa Pojok berhasil masuk verifikasi Desa Berseri Tingkat Tingkat Pratama. Tahun 2019 diharapkan prestasi itu naik lagi menjadi Tingkat Madya. 

"Untuk itu kami dorong masyarakat disini melakukan peningkatan pengelolaan lingkungan. Diawali dari lingkungan rumah sendiri. Diantaranya dengan membiasakan pembuangan sampah secara terpilah," jelas Kabid Konservasi dan Kemitraan Lingkungan DLH Kabupaten Blitar D. Ainur Rofiq, Kamis (16/8/2018).

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap masyarakat membuat lubang biopori,  mengurangi penggunaan sampah plastik dan memanfaatan halaman rumah untuk  vegetasi. Seperti penanaman sayuran dan tanaman toga 

"Intinya kami galakkan gerakan Mulai Dari Rumah Sendiri Dan Diri Sendiri Seperti Pembuatan Lubang Biopori Dan Pemilahan Sampah," tandasnya. 

Dalam pemanfaatan sampah organik dan non organik, DLH meminta masyarakat bersinergis dengan pihak terkait. 

Ada tiga dusun di Desa Pojok yang mendapat pembinaan terkait masalah ini. Yakni  Dusun Kranggan, Dusun Patok dan Dusun Pojok.

Menjaga keseimbangan alam, tak hanya serta merta dalam rangka lomba saja. Karena manfaat positifnya, kembali dirasakan masyarakat itu sendiri. Alam yang Amazing membuat masyarakat Blitar semakin nyaman untuk tinggal. (*)

Penulis: Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search