TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Ikut Sakura Science Program di Jepang, Mahasiswa UIN Malang Dalami Biologi Kelautan

15/08/2018 - 21:44 | Views: 9.95k
Demontrasi Perkembangbiakan Eksternal 'Takonomakura' di Marine Biological Laboratory (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, HIROSHIMA – Tiga mahasiswa UIN Malang, ikut serta berpartisipasi dalam program Student Exchange Sakura Science Program. Kegiatan ini diadakan dan dibiayai oleh JST (Japan Science and Technology Agency).

Ketiga mahasiswa jurusan Biologi itu adalah Fathia Rahmatul Azizah, Miftakhul Jannah, Rhesma Yuliani, Esamada Rose Nursaputri. Mereka didampingi Dewi Yuliani, salah satu dosen. Acara dimulai Kamis, (2/8/2018) sampai Selasa (7/8/2018).

Program dengan peserta mahasiswa dari Asia ini memiliki empat kategori. Di antaranya bagi pelajar SMA, mahasiswa S1, S2, dan S3. Gelaran ini diadakan setiap satu tahun pada masing-masing musim. Yakni, musim dingin, semi, gugur, dan panas.

Sakura-Science-2.jpg

Sakura Science Program diadakan dengan tujuan agar para pemuda Asia tertarik dengan perkembangan keilmuan Sains dan Teknologi di Jepang. Setiap kampus menyeleksi para mahasiswa melalui beberapa tahap.

Yakni, pengumpulan berkas, wawancara, pemahaman pada beberapa vidio. Dari yang paling mudah ke yang paling sulit, lalu menjawab pertanyaan dari vidio tersebut. Kemudian membuat rangkuman dan yang terakhir adalah presentasi.

Delegasi UIN Malang bersamaan dengan delegasi Unej mendapat tempat di Universitas Hirosima, Jepang. Kegiatan utamanya adalah pendalaman terhadap keilmuan Biologi, khususnya Biologi Kelautan.

“Program ini sangat luar biasa. Saya bisa belajar sains dan budaya di sana. Banyak hal positif yang bisa diambil. Jangan pernah lelah untuk belajar ya, mengeluh boleh tapi jangan berlebihan, karena negara kita jauh ketinggalan dari negara-negara maju khususnya Jepang. Ayo bangkit pemuda Indonesia!” ujar Rose, mahasiswi UIN Malang. (*)

Penulis: Relung Fajar Sukmawati (CR-104)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search