TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Pengabdian Masyarakat, Dosen Unisma Malang Beri Pelatihan Manajemen Ternak Itik

13/09/2018 - 14:18 | Views: 10.29k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma (Universitas Islam Malang) melaksanakan pengabdian masyrakat di Desa Mangunrejo Kec Kepanjen Kab Malang Jawa Timur. Pengabdian masyarakat ini difokuskan pada penguatan manajemen ternak itik.

Dr. Ir. Sumartono, MP, dosen Fakultas Peternakan dan Pascasarjana Unisma Malang sebagai ketua abdimas pada program penguatan manajemen ternak di Desa Mangunrejo ini melihat kondisi peternakan di desa tersebut yang belum maksimal.

Unisma-Malang-ternak-itik-2.jpg

Berdasarkan observasi di Desa Mangunrejo, Sumartono menjelaskan permasalahan yang dihadapi pada usaha peternakan itik diantaranya adalah pola pengusahaan yang cenderung masih semi tradisional, kurangnya ketersediaan bibit yang berkualitas.

Tak hanya itu, Sumartono juga mengatakan jika hasil usaha belum ekonomis, karena minimnya pengetahuan peternak akan manajemen ternak itik.

Tingginya harga pakan, akses pemasaran belum optimal juga dinilai sebagai permasalahan yang harus segera diatasi.

Sumartono bersama timnya melakukan beberapa metode pelaksanaan Program PKM dengan menggelar pembinan dan pelatihan kepada kolompok peternak itik.

Pembinaan sekaligus pelatihan ini meliputi pembinaan menjadi wirausahawan ternak itik, pembinaan budidaya ternak itik, pembinaan recording ternak itik, pembinaan analisa usaha ternak itik dan pelaksanaan pembinaan pemasaran.

Sumartono berharap warga Desa Mangunrejo Kec Kepanjen Kab Malang dapat merasakan manfaat pelatiahn manajemen ternak itik yang digelar Unisma Malang melalui program pengabdian masyarakat.(*)

Penulis: Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search