TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Kirab Satu Negeri, Persembahan PP GP Ansor untuk Indonesia

13/09/2018 - 21:57 | Views: 8.13k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sajian Kirab Satu Negeri akan dipersembahkan oleh PP GP Ansor (Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor) untuk NKRI. Kirab ini akan berkeliling seluruh wilayah Indonesia dimulai dari lima titik pulau terluar pada Minggu, 16 September 2018. 

Kelima titik pemberangkatan kirab adalah Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke. Secara serentak, pada Minggu (16/9/2018) pagi, peserta kirab sebanyak 1945 orang akan dilepas dari lima titik tersebut kemudian berjalan menuju seluruh provinsi di Indonesia. 

Kegiatan bertajuk Kirab Satu Negeri ini direncanakan berakhir di Kota Yogyakarta pada 26 Oktober 2018 atau setelah menempuh waktu selama enam pekan. Pada puncak perayaan Kirab Satu Negeri di Yogyakarta rencananya akan digelar Apel Kebangsaan yang melibatkan sekitar 100.000 anggota Banser dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. 

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kirab bertema “Bela Agama Bangsa Negeri” ini digelar dengan tujuan memperkokoh konsensus kebangsaan di tengah berbagai kemelut dan ancaman yang dihadapi Indonesia saat ini. 

"Kirab Satu Negeri ini tujuannya untuk mengokohkan konsensus nasional bangsa Indonesia (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945), menguatkan fungsi agama sebagai rahmah, compassion, dan sumber perdamaian, serta menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kehidupan yang majemuk dan damai," tandas ketum PP GP Ansor ini. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search