TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Rektor Berjanji Ciastech jadi Agenda Tahunan di UWG Malang

14/09/2018 - 15:34 | Views: 14.40k
Rektor UWG Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho MS memberikan sambutan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ciastech (The First Conference on Innovation and Application of Science and Technology) 2018 resmi dibuka di Kampus UWG Malang (Universitas Widyagama Malang), Rabu (12/9/2018)

Rektor UWG Malang Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Iwan mengatakan penyelenggaraan pertemuan ilmiah ini menjadi ajang mengakumulasi pengalaman, kompetensi dan kapasitas sumberdaya manusia maupun kelembagaan yang akan menjadi tolok ukur mutu kinerja dan kompetensi perguruan tinggi. 

"Melihat energi yang luar biasa dari para peneliti dan pengabdi peserta Ciastech ini, kami berjanji akan menjadikan Ciastech sebagai agenda tahunan UWG," kata Iwan. 

Kegiatan yang dipayungi LPPM UWG ini diketuai oleh Dr. Ir. Sabar Setiawidayat, MT. Mendatangkan keynote speaker Dr. Ir. Mustangimah, MSi, Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset, mewakili Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM)  Kemenristek Dikti Prof. Okky Karna Rajasa.

uwgmalang.jpg

2 invited speaker yaitu Prof. Dr. Ir. Sukamto, MP dari Fakultas Pertanian UWG yang juga adalah Wakil Rektor I UWG dan Prof. Dr. Ing. Eko Supriyanto, Guru Besar Universiti Teknologi Malaysia dan UniversitasTeknologi Ilmenau Jerman juga mengisi rangkaian acara Ciastech.

Dalam laporannya, Sabar menyampaikan bahwa kegiatan yang mengangkat tema Inovasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan ini diikuti oleh 153 pemakalah yang  berasal dari peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa UWG dan pemakalah tamu dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. 

Acara diawali dengan plenary session dengan keynote speaker dan invited speaker. Dilanjutkan dengan parallel session dengan pemakalah pengabdian masyarakat dan penelitian yang dibagi menjadi 13 topik yaitu ekonomi, bisnis dan entrepreneurship. Diantaranya teknologi dan rekayasa; pertanian, pangan, sumberdaya alam; kesehatan dan biomedis; hukum, sosial humaniora dan pendidikan. Topik disampaikan di tujuh ruang yang berbeda.

Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman makalah dan presenter terbaik untuk masing-masing topik dan ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor lll UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT

Gelaran silaturahmi ilmiah Ciastech ini didukung oleh mitra UWG Malang, yaitu Omah Jenang Blitar, Inspire Consulting, Bank BNI, Bank Jatim Cabang Batu, Optima Kreatif, Kopkar Perguruan Widyagama dan PT Massa Makmor World Tour and Travel. (*)

Penulis: Rita Hanafie (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search