TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Gubernur Kepri Minta Tim Ekspedisi Gubernur dan APPSI Kawal RUU Kepulauan

14/09/2018 - 17:14 | Views: 5.40k
Gubernur Kepri Nurdi Basirun saat menerima tim Ekspedisi Gubernur. (FOTO: Rizki Dwi Saputra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATAMGubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun saat menerima tim ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Graha Kepri Batam pada Jum'at (14/9/2018) menyampaikan tentang pentingnya DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Daerah Kepulauan. Pihaknya meminta APPSI membantu Kepri dan 7 Provinsi Kepulauan lain untuk mengawal RUU tersebut.

Menurut Nurdin, yang juga ketua dari 8 Gabungan Provinsi Kepulauan ini, RUU ini penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Gubernur-Kepri-Nurdi-Basirun-2.jpgGubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Tim Ekspedisi 34 Gubernur (FOTO: Rizki Dwi Saputra/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

"Bayangkan saja Kepri ini 96% lautan, sementara APBN untuk dana perimbangan daerah hanya mengakomodir luas daratan, sementara kebutuhan transportasi antar kabupaten yang terpisah laut lebih besar ketimbang daerah lain yang hanya lewat darat, tidak masuk akal rasanya kalau kami di kepulauan ini tak diprioritaskan," ungkap gubernur yang merupakan Koordinator APPSI untuk wilayah Sumatera ini.

Nurdin mengungkapkan bila RUU Daerah Kepulauan berhasil diketok, alokasi dana perimbangan dari APBN akan juga mempertimbangkan lautan sebagai bagian dari luas daerah.

"Kalau kita negara maritim, seharusnya tidak ada perbedaan antara daratan dan lautan," jelas Nurdin.

Nurdin lalumembandingkan antara keistimewaan yang diberikan kepada Nangroe Aceh Darussalam, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Papua, provinsi kepulauan juga seharusnya memiliki perlakuan yang istimewa.

"Lautan yang masuk wilayah Kepri ini jalur perdagangan dunia, juga kita provinsi terluar dan berada di garis depan menjaga NKRI ini, sehingga sudah selayaknya Kepri diistimewakan juga," kata Nurdin.

Nurdin berharap dengan disahkannya segera RUU Daerah Kepulauan menjadi Undang-undang, dapat mempercepat pembangunan Kepri sebagai salah satu daerah terluar.

"RUU ini nantinya akan mengakselerasi pembangunan di provinsi kepulauan, apalagi Kepri ini berbatasan langsung dengan banyak negara, kita menjadi wajah Indonesia yang dilihat negara lain harus bisa menampilkan wajah terbaik," pungkas Nurdin.

Saat ini RUU Daerah Kepulauan telah masuk di Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dan telah dibentuk Pansus yang diketuai oleh Edison Betaubun dari Fraksi Golkar.

Sementara Tim Ekspedisi Gubernur telah sampai di Provinsi ke-4 di Kepulauan Riau, setelah sebelumnya menemui Gubernur Aceh, Sumatera Utara dan Riau. (*)

Jurnalis: Ahmad Jilul Qf (DJ-201)
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search