TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Asik, Pemprov Jatim Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

20/09/2018 - 22:52 | Views: 14.80k
Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (Ilustrasi: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOJONEGOROPemerintah Provinsi Jawa Timur, mengeluarkan kebijakan Pembebasan Pajak Daerah untuk warga Jawa Timur.

"Iya benar. Kebijakan ini berlaku selama periode 24 September hingga 15 Desember 2018," ujar AKP Aristianto, Kasat Lantas Polres Bojonegoro, Kamis, (20/9/2018).

Kebijakan pembebasan pajak ini, sebagai upaya meringankan beban dan membangun kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

“Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Aristianto.

Aristianto menambahkan, pembebasan pajak daerah itu sesuai dengan surat edaran dari Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur, bernomor 970/30858/202.3/2018, dimana pelaksanaannya dilakukan di seluruh Jawa Timur.

“Adanya program pembebasan pajak daerah itu diharapkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan penerimaan negara bukan pajak, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan serta pengesahan surat tanda nomor kendaraan setiap tahun supaya lebih ringan,” katanya.

Di surat edaran itu, pembebasan pajak daerah untuk rakyat Jawa Timur di antaranya meliputi, pembebasan pokok bea balik nama kendaraan bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya, dan pembebasan sanksi administratif pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor.

“Untuk mengantisipasi membludaknya pemohon pajak kendaraan, maka ketersediaan material surat-surat kendaraan dan tanda nomor kendaraan bermotor perlu disediakan lebih banyak, sehingga pelaksanaan kebijakan tersebut bisa terwujud dengan lancar,” tuturnya. (*)

Jurnalis: Ali Shodiqin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search