TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Makanan Ini Bisa Menjaga Tulang Tetap Kuat Selama Hamil, Lho!

21/09/2018 - 04:21 | Views: 6.51k
Ilustrasi - Ibu Hamil (FOTO: thinkstockphotos.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTANational Academy of Sciences merekomendasikan ibu hamil atau menyusui untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap harinya. Hal ini karena kebutuhan kalsium saat hamil lebih besar dibanding hari biasanya. Ibu hamil membutuhkan asupan berbagai menu sumber kalsium yang beragam untuk agar tulang tetap kuat selama hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda andalkan sebagai sumber kalsium saat hamil, dilansir dari Klik Dokter.

1. Ikan Teri

Dilansir dari Babyologist, ikan teri mengandung kalsium yang cukup tinggi dan berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama untuk menguatkan tulang ibu hamil. Kandungan kalsium di dalamnya setara dengan susu.

2. Produk Susu Rendah Lemak

Berdasarkan situs kesehatan National Institute of Health, beberapa produk susu rendah lemak seperti yoghurt, keju, dan es krim sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

3. Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center menjelaskan betapa sayuran berwarna hijau tua atau hijau gelap dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya dan menghindarkannya dari risiko osteoporosis.

Saat hamil, perbanyaklah mengonsumsi brokoli, kale dan bok choy agar tulang kuat menopang beban tubuh yang semakin bertambah.

4. Kacang Almond

Kacang almond merupakan kacang yang paling sehat karena mengandung 12 persen protein yang dibutuhkan sehari-hari, serta kaya akan kandungan vitamin E dan kalium. Selain itu, kacang almond juga sumber kalsium yang amat baik bagi tubuh.

5. Tahu

Fitoestrogen yang terkandung di dalam tahu memiliki struktur yang mirip dengan estrogen. Secara klinis, zat ini memberikan manfaat positif untuk mencegah pengeroposan tulang.

6. Susu Kedelai

Selama masa kehamilan, Anda membutuhkan kadar vitamin D yang cukup untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang disarankan, ibu hamil perlu minum 6 cangkir susu kedelai setiap hari (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search