TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Cari Berkah 10 Muharram, PKB Jabar Serentak Santuni Anak Yatim

21/09/2018 - 07:33 | Views: 4.64k
Santunan Anak Yatim DPW PKB Jabar (FOTO: Farhan For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Dalam rangka memperingati 10 Muharram 1440 H, Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Barat, Jumat (21/9/2018) hari ini, secara serentak bakal mengadakan santunan kepada anak yatim piatu.

Ada sebanyak 3001 anak yatim piatu di 27  DPC PKB Kabupaten atau Kota Se - Jawa Barat yang akan mendapat santunan.

Sekretaris DPW PKB Jawa Barat Sidkon Djampi mengatakan bahwa Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah Swt mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya.

"Muharam menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur'an, sebagaimana termaktub dalam firman Allah Surat At Taubah Ayat 36," ujarnya melalui pesan tertulis yang diterima TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (20/9/2018).

"Santunan anak yatim ini tidak hanya di gelar di sini (Kantor DPW PKB Jabar), tapi kami juga laksanakan serentak di 27 DPC PKB se Jawa Barat dengan total anak yatim yang kami santuni lebih dari 3001 anak yatim," paparnya

Selain mencari keberkahan untuk kemajuan PKB, santunan yatim piatu  tersebut dilaksanakan tutur Sidkon dalam rangka "ngngurip-nguripi" budaya Islam Jawa yang saat ini mulai luntur dan ditinggalkan generasi muda. 

"Sesuai Hadist Nabi Muhammad, yang menganjurkan berpuasa selama 3 hari tanggal 9, 10, dan 11 Muharram atau Syura, kita disuruh untuk berpuasa,” ujarnya.

Selain itu, anjuran di hari Asyura terutama pada hari kesepuluh juga umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu. 

"Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura," beber Sidkon. 

Atas keutaman menyantuni anak yatim tersebut Sidkon berharap  PKB dalam mengarungi perjuangannya selalu mendapat kelancaran, keberkahan dan kesuksesan dalam menjalankan nilai-nilai perjuangan PKB, untuk mencipatkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahatera dalam bingkai rahmatan lilalamin. 

"Terutama di tahun politik ini raihan kursi PKB diseluruh nusantara khususnya di Jawa Barat bisa naik, dan Pilpres bisa dimenangkan secara gemilang," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Sirna Miskin, Kyai Lik Abdul kholik yang merekomendasikan sebanyak 55 anak yatim, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya  ini satu kegiatan yg sangat dinanti oleh ponpes, kepedulian PKB terhadap anak yatim, yang harus di muliakan di bulan 10 muharama.

"Oleh karenanya PKB, kami doakan menjadi  partai yang berkah bagi masyarakat bangsa dan agama dan  kader PKB kami doakan juga mendapat keberkahan dalam perjuanganya untuk masa depan dan kemaslahatan umat," katanya. (*)

Jurnalis: Alfi Dimyati
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search