TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Mahasiswa Kampus Lain Ikut Pelatihan Pengolahan Data Statistik di FKIP Unisma Malang

22/09/2018 - 12:35 | Views: 14.56k
Suasana Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS yang digelar (FKIP) Unisma Malang (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program studi pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisma Malang menggelar program pengabdian masyarakat dalam bentuk Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2018 di Universitas Islam Malang sebagai implementasi dari Hibah Institusi Unisma (Hi-Ma) tahun anggaran 2018/2019.

Pelatihan digelar setelah mengamati pentingnya peranan statistika bagi perkembangan IPTEK. Statistika berfungsi sebagai solusi mengatasi permasalahan kehidupan manusia yang diinterpretasi secara prosedural berdasarkan fenomena yang terjadi baik dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan masyarakat, maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Mengingat fungsi statistika tersebut menjadikan ilmu statistika patut dipelajari secara bermakna oleh mahasiswa maupun dosen dari berbagai disiplin ilmu.

UNisma-Malang-2.jpg

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 48 peserta dari kalangan mahasiswa tingkat S1, S2 maupun S3 dan dosen yang berasal dari internal Unisma Malang maupun kampus lan, seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Wisnuwardhana, Universitas Kanjuruhan, STKIP PGRI Pasuruan, Universitas Islam Raden Rahmat Malang, dan STIKI Malang.

Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam program ini adalah dengan memberikan tutorial, mengadakan workshop, serta simulasi analisis data statistik, yang meliputi analisis korelasi, regresi, dan komparasi.

UNisma-Malang-3.jpg

Dalam kesempatan ini, Surya Sari Faradiba, S.Si., M.Pd selaku pemateri menyampaikan bahwa SPSS perlu dikuasai oleh semua dosen dari berbagai disiplin ilmu, karena dalam penelitian kuantitatif perlu menggunakan alat bantu program SPSS.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sikky El Walida, S.Si., M.Pd selaku pemateri pada sesi dua. Ia menyampaikan bahwa penelitian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang perlu mendapatkan perhatian serius, penelitian dalam bentuk kuantitatif membutuhkan keterampilan pengolahan data salah satunya yaitu dengan SPSS.

Pada sesi akhir dari program ini dilakukan proses simulasi. Dimana setiap peserta melakukan analisis data statistik secara mandiri. Peserta yang terdiri dari berbagai kalangan sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi program dan berharap program ini dapat berlanjut dalam bentuk pelatihan software –software lain yang mendukung penelitian, seperti Minitab, Atlasti dan Nvivo.

Pelatihan SPSS yang digelar di Unisma Malang itu berlangsung dengan sukses. FKIP Unisma berharap kegiatan ini dapat digelar setiap tahunnya.(*)

Penulis: Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search