TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Simbol Keamanan Desa Tak Luput dari Perhatian Satgas TMMD Kodim Sleman

12/10/2018 - 08:55 | Views: 2.06k
Pos Ronda di Desa Balecatur direhab satgas TMMD Kodim Sleman. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Ada program fisik yang khas setiap kali pelaksanaan TMMD Kodim Sleman. Yakni rehab Pos Kamling yang selalu dilakukan oleh personel TNI.

Satu unit Pos Kamling sudah pasti dibangun di setiap lokasi pelaksanaan TMMD. Seperti yang terjadi pada TMMD Reg ke 103 Ta. 2018 di Temuwuh Desa Balecatur Kecamatan Gamping. Satu unit Pos Kamling dibangun di Temuwuh yang lokasinya cukup terpencil itu.

Lalu, apa kira-kira alasan selalu ada Pos Kamling di setiap TMMD? Ternyata, selain difungsikan sebagai pusat sistem pengamanan keliling, Pos Kamling juga sebagai salah satu sarana menggelorakan lagi semangat gotong-royong antar masyarakat.

Tidak dipungkiri, di beberapa kondisi dan ruang tertentu, semangat gotong-royong masyarakat sedikit memudar. Lunturnya semangat gotong-royong, juga menjadi salah satu ancaman lunturnya sikap simpati dan empati antar masyarakat.

Pembangunan Pos Kamling dalam pelaksanaan TMMD merupakan bagian dari usaha TNI memancing gotong-royong dalam menjaga keamanan lingkungan. Budaya seperti ini yang diyakini akan menjadi salah satu perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk.

Pasiter Kodim 0732 Sleman, Kapten Inf Nugraha Agung mengungkapkan, tujuan lain dari didirikannya Pos Kamling adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kepedulian terhadap pengamanan lingkungan secara swakarsa.

“Beberapa tujuan TMMD di antaranya adalah mengabdikan diri kepada mayarakat, membantu Pemda membangun infrastruktur di pedesaan, mengkampanyekan kembali budaya gotong-royong dan memberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya pengamanan bersama lingkungan. Oleh karena itu dibangun Pos Kamling,” terang Nugraha.

Beberapa TMMD terkini di Kabupaten Sleman yang dijalankan Kodim memang selalu meninggalkan oleh-oleh Pos Kamling.

Masyarakat pun meresponsnya dengan baik. Mereka menjadikan Pos Kamling tersebut sebagai ajang kumpul-kumpul sambil menjaga keamanan lingkungan. Jika sudah begitu, potensi dan peluang gesekan antar masyarakat menjadi kecil. Kerukunan masyarakat mudah sekali terwujud.

Di Temuwuh Balecatur sendiri, pembangunan Pos Kamling baru saja dimulai. Progres pengerjannya pun belum banyak, baru lima persen. Namun, seluruh personel yang terlibat dalam TMMD tersebut selalu meyakini Pos Kamling itu akan menjadi salah satu sarana gotong-royong masyakat pedesaan.

”Pos Kamling ini di bangun dengan fungsi, sebagai sarana untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan. Mudah-mudahan masyarakat semakin menyadari akan pentingnya keamanan lingkungan,” tandasnya di lokasi TMMD Kodim Sleman. (*)

Penulis: Adit Setiawan (CR-116)
Editor : AJP-1 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search