TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

KPK RI Sudah Periksa 18 Saksi, Dua Minggu Lagi Willem Diperiksa di Jakarta

16/10/2018 - 20:42 | Views: 20.32k
KPK. (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sudah empat hari ada tim KPK RI di Malang yang melakukan pemeriksaan dugaan kasus gratifikasi dan suap yang melibatkan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna SH dan telah memeriksa 18 orang saksi, dan dua minggu lagi Kepala BPKAD Kabupaten Malang, Willem Petrus Salamena diperiksa di Jakarta.

Sejumlah pihak mulai Kepala Dinas hingga pihak swasta diperiksa. Dua Kepala Dinas telah diperiksa yakni Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Malang, Willem Petrus Salamena dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Budi Iswoyo. 

Bahkan Willem termasuk pejabat yang sering harus berhadapan dengan tim anti rasuah itu karena beberapa kali diperiksa dan diminta menyerahkan bukti-bukti diantaranya Surat Penerbitan Pembayaran Daerah (SP2D) atau bahasa banknya "cek" pencairan uang di Bank. 

Selasa (16/10/2018) ia datang untuk kali kedua ke Polres Malang, tempat tim KPK RI melakukan pemeriksaan para saksi itu, memenuhi permintaan KPK RI menyerahkan berkas SP2D.

BACA JUGA: Mendagri Minta Bupati Malang Proaktif Ikuti Proses Hukum di KPK

SP2D yang diminta KPK RI, siang tadi adalah pembayaran mulai tahun 2010-2013. "Dua minggu lagi saya diperiksa KPK di Jakarta serta diminta menyerahkan SP2D pada tahun 2014-2018," kata Willem. 

Hingga siang tadi, KPK RI masih terus melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang kalau ditotal sudah 18 orang saksi sejak mereka melakukan pemeriksaan di Mapolres Malang empat hari lalu. (*)

Jurnalis: Widodo Irianto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search