TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Lima Langkah Mudah Mengecilkan Betis dan Paha

17/10/2018 - 02:27 | Views: 19.15k
Tips mengecilkan betis dan paha. (FOTO: Onnit)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda merasa tidak nyaman mempunyai betis dan paha yang besar? Tenang, ada lho caranya mengecilkan betis dan paha. Betis dan paha yang besar pada setiap orang biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat sehingga penumpukan lemak terjadi di area betis dan paha.

Tindakan utama untuk mengatasi betis dan paha yang besar adalah harus menghindari makanan yang berlemak tinggi. Sering mengonsumsi makanan ini kemungkinan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh akan semakin besar.

Bila Anda risih dengan penampilan tubuh Anda, berikut ini cara mengecilkan betis dan paha yang dilansir dari Dokter Sehat.

1. Rutin Olahraga Kardio

Kardio adalah olahraga yang memacu kerja jantung. Hampir semua bagian tubuh akan bergerak, jika banyak bagian tubuh yang bergerak, otomatis terjadi pembakaran energi.

Jenis olahraga kardio yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan murah antara lain adalah berlari, berenang, naik turun tangga, melakukan squat jump, dan lompat tali. Olahraga tersebut dapat dilakukan selama sekitar 30 menit setiap kali latihan selama 3-4 kali dalam seminggu.

2. Menjaga Pola Makan

Memang prinsip utama dalam mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh adalah menjaga pola makan. Untuk itu aturlah jam makan Anda menjadi 3 kali dalam satu hari. Anda sebaiknya selalu tepat waktu ketika makan.

Selain itu porsi makan juga harus diperhatikan. Buatlah porsi makan yang lebih sedikit. Gunakan piring makan yang berukuran kecil, ini tujuannya agar makanan yang Anda masukkan di dalamnya terbatas jumlahnya. Untuk menu makanannya pilihlah makanan yang bergizi, perbanyak buah dan sayur, serta batasi mengonsumsi gorengan.

3. Kurangi Ngemil

Lebih baik Anda makan satu piring nasi dari pada Anda memakan satu bungkus kecil keripik singkong atau snack lainnya, karena kandungan kalori dalam cemilan lebih tinggi daripada nasi. Jika Anda membatasi jumlah cemilan, maka proses pembakaran lemak di paha akan berjalan lebih cepat.

4. Pijat Paha dan Betis

Langkah yang paling tepat untuk mengecilkan paha dan betis adalah dengan memijat-mijat paha dan betis secara perlahan. Hal ini dilakukan agar otot-otot betis bisa menjadi lebih rileks dan tidak tegang sehingga mempermudah peredaran darah dan asupan oksigen ke otot betis. Selain itu cara ini akan membuat betis akan terlihat indah jika Anda lakukan secara rutin.

Caranya, duduklah dengan posisi bersila kemudian pijatlah pergelangan kaki dari telapak kaki hingga paha, lakukan cara ini menggunakan telapak tangan.

5. Angkat Beban

Cara mengecilkan betis dan paha selanjutnya adalah dengan menggunakan metode angkat beban yang bertumpu pada kaki Anda. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya menaruh sebuah beban di kaki Anda kemudian angkat, kemudian biarkan posisi tersebut selama mungkin Anda mampu. Lakukan kegiatan tersebut minimal 7 sampai 8 kali dalam sehari.

Nah, kini masalah betis dan paha besar bukan lagi penghalang rasa percaya diri Anda. Cara mengecilkan betis dan paha di atas bisa menghancurkan penumpukan lemak yang ada di sekitar betis dan paha Anda. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search