TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Relawan di Purbalingga Sediakan Nasi Bungkus Gratis Buat Penunggu Pasien

19/11/2018 - 00:29 | Views: 67.11k
Sebuah etlase nasi bungkus gratis di RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga (FOTO: Sinnangga Angga/TIMES Indosnesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Sejumlah relawan dan perorangan di Purbalingga, Jawa Tengah menyediakan nasi bungkus gratis buat para penunggu pasien di RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga.

Bendahara Sedekah Nasi Rombongan, Dyah Kusumawardani mengungkapkan bahwa tidak semua penunggu pasien di rumah sakit Goeteng Taroenadibrata, Kabupaten Purbalingga, memiliki kesiapan uang untuk membeli makan selama menunggu.

Salah satu hal itu yang kemudian menjadi alasan Sedekah Nasi Rombongan dari Barda Family Lumampah Sodaqoh (BFLS) Purbalingga membuat etalase nasi gratis di depan bangsal Kenanga RS Goeteng Taroenadibrata.

"Terutama di bangsal kelas 3 banyak penunggu pasien yang tidak memiliki kesiapan uang, padahal harus bertahan berhari hari menunggu sanak sauadara atau orang tuanya yang sakit. Ini yang menggerakan hati kami untuk membuat etalase nasi bungkus gratis," ungkapnya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Minggu (18/11/2018).

Dari kegiatan itu, dia berharap kotak nasi gratis yang disediakan untuk penunggu pasien bisa meringankan beban para penunggu pasien selama di rumah sakit."Semoga kotak nasi gratis ini bisa sedikit meringankan beban dan juga memberikan peluang para donatur menyisihkan rizkinya untuk berbagi di sini," harapnya.

Sementara Latifah,  penggagas Sedekah Nasi Rombongan menjelaskan etalase nasi gratis yang mengusung tema "Siapapun boleh mengambil dan siapapun boleh mengisi" buka setiap hari untuk makan pagi, makan siang dan makan nalam.

"Etalase nasi gratis ini buka setiap hari untuk makan pagi, makan siang dan makan malam. Mereka dipersilakan mengambil tanpa dipungut biaya," jelasnya.

Sedang bagi nasi yang disediakan setiap hari, lanjut Latifah diperoleh dari sumbangan warga, teman maupun relawan yang sudah mendaftarkan menjadi donatur.

"Donasi terbuka untuk siapapun yang perduli untuk menyumbang nasi bungkus maupun uang untuk membeli nasi. Jadi kami membuka rekening untuk menampung sumbangan," katanya.

Latifah, menambahkan Kotak Nasi Gratis terinspirasi dari sejumlah postingan tentang kotak nasi gratis yang sudah dirilis oleh sejumlah relawan di beberapa kota.

Kemudian sejumlah relawan di Kabupaten Purbalinga seperti Mudji Barda, Tutik Javier, Latifah, Dyah Kusumawardani dan Sinangga Angga bersepakat untuk merilis Kotak Nasi Gratis di daerahnya.

"Kami berlima berbeda disiplin dan pekerjaan, tapi ketika saya sodorkan konsep nasi gratis di rumah sakit, semua sepakat. Maka beberapa hari yang lalu kami mulai hubungi teman-teman untuk mengawali menyumbang nasi," tambahnya.

Sementara untuk mengatur sumbangan, menurut Tutik Javier sebagai Kordinator Sedekah Nasi Rombongan, donasi bisa transfer langsung ke Catering Arreta.

"Transfer ke panitia atau bisa langsung ke catering yang kami tunjuk. Atau juga bisa ke Mudji Barda untuk dipesankan nasi bungkus di lingkungan rumah sakit," katanya.

Tutik menambahkan untuk donasi Nasi Bungkus Gratis bisa transfer ke nomor rekening panitia Bank Mandiri 1390004651158 atas nama Dyah Kusumawardhani dengan call centre 0856-4373-1161. (*)

Jurnalis: Sinnangga Angga
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search