TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Bikin Warna Warni Kota, Tanam 1.710 Pohon Tebebuya

18/11/2018 - 22:49 | Views: 6.40k
Petugas saat menanam Pohon Tebebuya di salah satu sudut kota. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menyulap Kota Batu menjadi warna warni lewat penanaman 1.710 Pohon Tebebuya di berbagai sudut kota.

Pohon berwarna warni mulai merah, kuning dan ungu ini ditanam di setiap kecamatan yang ada di Kota Batu. Tidak tanggung-tanggung proyek taman kota ini ada pada lima titik ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 2 milliar.

Meski penanaman baru dilakukan awal bulan November tahun 2018, diperkirakan keindahan bunganya sudah bisa dinikmati tahun depan.

“Kita tanam Pohon Tebebuya ini untuk mempercantik kota, khususnya untuk gerbang pintu masuk Kota Batu,” terang Kepala DLH Kota Batu, Arief As Sidiq.

Pohon-Tebebuya-a.jpg

Penanaman ini akan dilakukan secara bertahap. Di Kecamatan Batu, akan ditanam 570 pohon di ruas jalan Panglima Sudirman, Jl Diponegoro, dan Jl Dewi Sartika.

Sedangkan dua kecamatan lainnya, yakni Bumiaji dan Junrejo, akan ditanam juga 570 pohon.

Pohon ini akan ditanam di Dadaprejo Junrejo, Dusun Junwatu Arah selatan  gerbang pintu masuk di jalur alternatif, Desa Pendem pintu masuk dari Karangploso di jalur utama, kemudian Desa Giripurno pada  jalur lingkar utara pintu masuk dari Kabupaten Malang dan di perbatasan Pujon bagian barat.

Di era pemerintahan Eddy Rumpoko, penanaman pohon ini pernah juga dilakukan. Salah satu wujud keberhasilan penanaman ini adalah didaerah Pendem, tepatnya berada di jalan masuk menuju Dusun Sekar Putih, Desa Pendem.

Ada yang menyebut mirip di Jepang saat pohon ini berbunga, karena mirip dengan Pohon Sakura. Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga sakura.(*)

Jurnalis: Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search