TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Bela Negara Run 2018 untuk Tumbuhkan Semangat Bela Negara

16/12/2018 - 14:43 | Views: 8.05k
Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka menyambut Hari Bela Negara yang jatuh pada 19 Desember 2018, Kementerian Pertahahanan behasil menggelar kegiatan bela negara run 2018, Minggu (16/12/2018), dalam rangka agenda peringatan Hari Bela Negara. 

Bela negara run dikemas dengan suasana sporty, fun, dan edukatif dengan tujuan menumbuhkan semangat bela negara.

Dalam kegiatan ini, Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu mengatakan setiap warga negara memiliki kewajiban bela negara, sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 (UUD 1945) pasal 30.

Maka, kegiatan ini menjadi solusi jangka panjang keamanan, keutuhan, hidup negara dan berbangsa.

"Jadi kalau sudah pertahanan negara, nauangannya Menteri Pertahanan dan ini harus mendorong semangat bela negara mulai dari awal," ucap Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Selanjutnya, perlunya pelaksanaan pendidikan bela negara karena menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi negara yang sangat kuat. 

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kemendikbud, Kemenristekdikti mulai dari sekolah pendidikan kemudian untuk ormas kepemudaan dan agama. Saya selalu berkeliling memberitahukan apa itu bela negara pada prinsipnya mencintai negara ini, tanpa pamrih apapun diberikan untuk negara ini tujuan akhirnya," jelas Ryamizard.

Bela Negara Run 2018, telah dilakukan setiap tahunnya menjelang peringatan Hari Bela Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai bela negara yang harus tersosialisasikan sejak dini, mulai dari pendidikan dasar hingga dewasa karena terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air. (*)

Jurnalis: Rizki Amana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search