TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Lingkungan

KLHK Gelar Gerakan Pemulihan DAS

31/12/2018 - 21:18 | Views: 22.00k
Menteri KLHK dan Gubernur Jawa Barat mengunjungi booth pameran CCCD, Kampanye linhgkungan pada booth CCCD (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KARAWANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) menggelar acara Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) di Persemaian Permanen KLHK, Desa Jomin Timur, Kotabaru, Karawang,  (28-29/12/ 2018).

DAS merupakan seluruh daerah yang dibatasi punggung bukit yang merupakan satu kesatuan sistem aliran sungai mulai dari hulu hingga hilir. Karena banyak manfaat yang dapat diambil dari DAS, banyak kepentingan di dalamnya, namun sering kali mengenyampingkan asas sustainabilitas.

KLHK-Gelar-Gerakan-pemulihan-DAS.jpg

Oleh karena itu, KLHK menginisiasi gerakan ini dengan maksud upaya bersama lintas sektor pemangku kepentingan untuk memulihkan kesehatan DAS.

Dengan slogan “DAS Sehat Sejahterakan Rakyat”, GNPDAS mencoba mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengelola DAS secara seimbang, agar win-win solution bisa didapatkan. Melalui pengelolaan DAS yang berkelanjutan, alam lestari dan roda ekonomi pun ikut berputar.

Ini merupakan kali pertama GNPDAS dilaksanakan, dan merupakan peleburan dengan acara yang sudah ada sebelumnya yakni Hari Menanam Pohon Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 28 November.

KLHK-Gelar-Gerakan-pemulihan-DAS-A.jpg

Menteri LHK, Siti Nurbaya, meresmikan acara ini. Turut hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta, unsur pemerintahan, legislatif, TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, Petani, Pelajar, Komunitas Millenials, serta masyarakat umum. Total keseluruhannya tidak kurang dari 2500 orang

Dibalut sebagai acara rakyat, GNPDAS dibuat semenarik mungkin. Rangkaian acaranya meliputi lomba melukis, dongeng anak, talkshow, serta peluncuran Sistem Informasi Tanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan.

Pada dua hari tersebut juga digelar pameran pemulihan DAS sebagai sarana informasi dan pembelajaran kepada masyarakat umum. Dalam hal ini, Proyek CCCD ikut andil dengan membuka booth pameran.

Tim proyek CCCD menawarkan permainan-permainan edukasi tentang lingkungan, dengan suvenir ramah lingkungan seperti tumbler dan tas lipat.

KLHK sendiri berhatap makon banyak warga yang turut peduli akan kelestarian alam dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan.(*)

Penulis: M Hisjam (CR-120)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search