TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Ini Mitos Gunung Semeru yang Populer di Kalangan Pendaki

08/01/2019 - 14:04 | Views: 71.30k
Ranukumbolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGunung Semeru semiliki pesona yang tak terbantahkan. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu juga menyimpan berbagai misteri. Adapun mitos yang makin membuat Gunung setinggi 3.676 mdpl makin nampak 'eksotis' dikalangan pendaki.

Mitos itu sendiri muncul dari warga sekitar secara turun-temurun, hingga sampai di telinga pendaki.

Nah mitos apa sajakah itu? TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) merangkumnya untuk Anda.

1. Dilarang mandi di Ranu Kumbolo

Ranukumbolo-2974ce62f4abc73c8.jpg

Ranu Kumbolo salah satu danau yang terdapat di kaki Gunung Semeru, Biasanya, sebelum ke puncak Semeru (Mahameru) pendaki beristirahat di danau ini. Konon air danau ini dianggap suci dan masih sering digunakan sebagai proses ritual suci keagamaan masyarakat. Keran itu 'haram' hukumnya pendaki untuk mandi, mencuci bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau.

2. Mitos ikan mas penjaga Ranu Kumbolo

Ranukumboloe696227cda57aabc.jpg

Konon di Ranu Kumbolo terdapat ikan mas yang merupakan titisan sang Dewi. Ia disebut sebagai penjaga Ranu Kumbolo. Mitos itu yang semakin membuat pendaki dan warga sekitar mengikuti aturan tak tertulis untuk tak melakukan aktivitas mandi, mencuci dan sebagainya di Ranu Kumbolo.

3. Mitos Mbah Dipo

Jalur-Semeru-2.jpg

Mbah Dipo salah satu kuncen Gunung Semeru yang telah meninggal dunia. Mbah Dipo masih terus dikenang oleh masyarakat sekitar. Salah satu pesan Mbah Dipo yang asih dipegang teguh warga sekitar adalah bila Gunung Semeru meletus maka penduduk harus pergi ke arah sungai dan dilarang menuju Gunung Sawur.

4.Mitos tanjakan cinta

Ranukumbolo-Tanjakan-Cinta.jpg

Ingin sukses dalam percintaan? Ya, cobalah datang ke Gunung Semeru dan dakilah tanjakan cinta. Mitos ini yang paling sering didengar. Tanjakan cinta sebenarnya ini tidak terlalu terjal, hanya saja jarakanya cukup panjang. Sehingga mampu membuat pendaki kelelahan. Dipercaya jika melalui tanjakan ini tanpa istirahat dan tidak menoleh ke belakang, maka percintaanmu akan dikabulkan.

5.Mitos Gunung Semeru pakunya Pulau Jawa

Jalur-Semeru-3.jpg

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa dengan puncaknya yang bernama Mahameru. Dipercaya bahwa Gunung Semeru dibawa oleh para dewa untuk menjadi paku dan memberikan keseimbangan bagi Pulau Jawa yang dulunya terombang-ambing di lautan.

Berbagai mitos seputar Gunung Semeru itu, tak menyurutkan pendaki untuk mencapai puncak Semeru. Buktinya semakin hari semakin banyak orang yang ingin menikmati pemandangan alam di wilayah tersebut. (*)

Jurnalis: Dinda Eka
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search