TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Kabupaten Malang, Banyak Pohon dan Tiang Listrik Bertumbangan

11/01/2019 - 18:56 | Views: 49.43k
Kondisi tiang listrik yang tumbang akibat diterjang hujan dan disertai angin kencang. (FOTO: PMI Kabupaten Malang for TIMES Indonesia )

TIMESINDONESIA, MALANGHujan deras disertai angin Jumat (11/1/2019) sore di Kabupaten Malang, menyebabkan banyak pohon serta tiang listrik bertumbangan.

Peristiwa itu setidaknya terjadi di tiga desa di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dari data PMI Kabupaten Malang, tiga desa itu antara lain Desa Kemantren sebuah pohon berdiameter 59 centimeter tumbang yang melintang di atas jalan.

Sehingga membuat akses jalan tertutup untuk sementara waktu. Masih di desa yang sama, sebuah pohon besar tumbang di halaman parkir KAB Jabung.

Kemudian pohon tumbang juga menimpa kandang sapi dan menimpa sebuah rumah.

Sedangkan di Desa Sidomulyo, tiang listrik berukuran besar tumbang hingga menimpa pos ronda dan melintang di atas jalan.

Masih di desa itu, beberapa tiang listrik bunga tumbang akibat angin kencang. Sedangkan di Desa Kenongo, pohon besar tumbang dan atap gedung BUMDES terlepas terbawa angin.

“Saat ini relawan PMI Kabupaten Malang dibantu kecamatan serta BPBD dan Tagana sedang mengevakuasi pohon serta tiang listrik yang banyak bertumbangan tersebut,” ujar Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Mudji Utomo kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, evakuasi fokus terhadap pemotongan pohon yang tumbang supaya tidak menutup jalan dan tidak menimpa bangunan lagi.

Sedangkan untuk tiang listrik yang tumbang, maka akan dikoordinasikan dengan PLN untuk dilakukan proses evakuasi.

“Dari kejadian di beberapa tempat ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” imbuhnya.

Menurutnya, setelah evakuasi serta pembersihan usai hujan deras berhasil dilakukan, maka pihaknya akan melakukan asesmen. “Untuk kerugian masih belum diketahui, karena proses asesmen saat ini masih berlangsung,” pungkas Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang. (*)

Jurnalis: Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search