TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

FE UWG Malang Gelar Pelatihan Kompetensi Metodologi Penelitian Kuantitatif

12/01/2019 - 13:43 | Views: 10.11k
Dr. Survival, SE.,MM., (ketua Panitia Kuliah Tamu) saat beri laporan kegiatan (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi UWG Malang menggelar Kuliah Tamu di Hall Widya Graha Kampus II Universitas Widyagama Malang, Sabtu (12/1/2019). Kuliah menganggkat tema “Peningkatan Kompetensi Metodologi Penelitian Kuantitatif" dengan menghadirkan Prof. Dr. Augusty Tae Ferdinand, DBA., dari Universitas Diponegoro Semarang.

Ia merupakan pakar di bidang Metodologi Penelitian Kuantitatif, dengan buku-buku risetnya yang banyak di citasi (sejumlah 6386 citasi).

TIMES-Indonesia-FE-UWG-Malang-Gelar-Pelatihan-Kompetensi-Metodologi-Penelitian-Kuantitatif-2.jpgPemberian cindera mata oleh Kaprodi Manajemen (Dra. Dharmayanti Prihandini, MM.) (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Dalam paparannya, ia menjelaskan jika seorang mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian skripsi atau thesis diminta memberikan 3 judul atau lebih kepada dosen pembimbingnya. 

"Hari ini akan saya share buku-buku saya kepada kalian semua para mahasiswa baik yang S1, yang sedang S2 dan S3, agar tidak ngawur dalam menulis metodologi penelitian. “…..” saya contohkan seperti ini: “dari mana kita akan memulai dalam penelitian…? Tentu ya dari Masalah, permasalahan yang didiskusikan dan diketahui," jelasnya.

Ia menekankan pada mahasiswa jangan seperti mahasiswa jaman dulu, ketika mahasiswa akan skripsi disuruh melihat di meja ruang tata usaha fakultas yang disana terpampang nama-nama judul penelitian, kemudian mahasiswa suruh membuat judul yang tidak sama dengan seperti yang ada di meja tersebut. 

"Ini yang salah, dan tidak boleh terjadi lagi di era sekarang, untuk menghasilkan riset / penelitian yang baik tentu berawal dari permasalahan. Setelah mahasiswa berdiskusi dengan dosen pembimbing, dengan menyampaikan permasalahan yang ada, kemudian ditentukan metodologinya dan baru ditentukan judul penelitiannya. Jadi jangan kebalik; bawa judul baru merumuskan permasalahan….” Dan seterusnya…seterusnya…dengan gayeng Prof. AGF menyampaikan materi dengan sangat gamblang, mudah dipahami oleh peserta tentang merangcang sebuah penelitian dengan metodologi kuantitatif yang benar," papar Prof AGF.

TIMES-Indonesia-FE-UWG-Malang-Gelar-Pelatihan-Kompetensi-Metodologi-Penelitian-Kuantitatif-3.jpgFoto bersama usai serah terima cindera mata. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Sebelumnya, Dr. Survival, SE.,MM., ketua pelaksana acara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Fakultas Ekonomi program studi Manajemen Universitas Widyagama Malang. Kegiatan Kuliah Tamu ini dihadiri seluruh mahasiswa S1, S2 dan S3, selain dari mahasiswa S1 dan S2 Universitas Widyagama Malang juga ada peneliti dari Program Doktor yang Universitas Lain, ada yang dari Palangkaraya, Denpasar, Tulungagung, Banyuwangi, Surabaya dan Malang. 

"Kami berharap kegiatan kuliah tamu dengan menghadirkan pakar di bidang metodologi penelitian kuantitatif yakni  Prof. AGF ini dapat memberikan manfaat dalam rangka meningkatkan kualitas hasil riset produk mahasiswa UWG baik yang Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2) yang lebih baik lagi. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hasil-hasil riset kami sehingga memiliki kualitas hasil riset yang dapat diperhitungkan / diakui di junal-jurnal riset ilmu manajemen baik nasional maupun internasional," kata dia.

Kehadiran Prof AGF ke Kampus INOVASI Universitas Widyagama Malang, disambut antuasias oleh mahasiswa dan dosen. Hal itu nampak dari banyaknya peserta yang menanyakan tentang buku hasil karya beliau (Prof. AGF) kepada kami panitia. 

Sementara itu Kaprodi Manajemen Dra. Dharmayanti Prihandini, MM., menyampaikan terimakasih atas kehadiran Prof. AGF yang berkenan hadir di Kampus kami Universitas Widyagama Malang. "Terikamasih Prof AGF berkenan hadir di kampus kami, semoga apa yang disampaikan nantinya bisa menjadi bahan referensi bagi kita untuk meningkatkan mutu/kualitas hasil penelitian kita, khususnya di prodi Manajemen dan Fakultas Ekonomi UWG umumnya," ucapnya.

Kuliah tamu tersebut juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. H.M. Sodik, MSi., Wakil Rektor III UWG Malang Dr. Agus Tugas,ST.,MT. (*)

Penulis: Rita Hanafie (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search