TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kuliner

Bakso Rusuk Kraksaan, Rasanya Menusuk Lidah

13/01/2019 - 12:24 | Views: 51.81k
ILUSTRASI: Bakso rusuk. (FOTO: OpenRice Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Bagi anda yang suka memburu kuliner, terutama pecinta masakan daging berupa bakso. Kini di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, hadir Bakso rusuk. Bakso ini hadir dengan sensasi baru, untuk mewarnai khas masakan warga Kraksaan.

Anda bisa mencicipi bakso rusuk dengan rasa berbeda ini di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kraksaan wetan. Warga Kraksaan sendiri menyebutnya, bakso rusuk ini merupakan masakan primadona sejak beberapa tahun terakhir ini.

Bakso rusuk milik Rahmad ini, selalu ramai pembeli dari sore hingga malam hari. Bakso rusuk ini tampak berbeda dengan bakso biasa. Bakso rusuk ini lebih menonjolkan khas tulang rusuk sapi. Namum pentol bakso pada umumnya juga tersedia.

Menurut Rahmad, ada sedikit perbedaan dari pada bumbu bakso rusuk yang dikelolanya, baik dari segi ukuran saat meracik bumbu dan tambahan bumbu tradisional.

Cara mebuatnya sangat mudah, Rahmad menceritakan secara detail untuk membuat bakso rusuk, dan hanya ada sedikit perbedaan dengan bakso pada umumnya.

Potong daging iga sapi menjadi 8 bagian, masukkan semua bahan 1 food processor/blender, kecuali air, lalu proses sampai halus. Masak air hingga mendidih. Sementara itu, ambil adonan, lalu cetak seperti bola dengan
tangan. Ulangi sampai adonan habis.

Selanjutnya, masukkan adonan baso ke air mendidih dan rebus hingga bakso mengapung, kemudian angkat, tiriskan. Di tempat lain, masukkan air ke panci, lalu masukkan iga sapi sampai lunak selama 15 menit, matikan api.

Siapkan mangkuk, lalu masukkan minyak, garam, merica, empat sendok sayur air rebusan, iga sapi, dan bakso. Lalu sajikan dengan daun bawang, bawang goreng, dan seledri di atasnya.

Bakso rusuk ini hanya ada sedikit perbedaan cara memasaknya dengan bakso biasa. Namun, untuk mendapatkan rasa yang berbeda, kita harus pandai meracik bumbu an ukurannya, agar menjadi sensasi di lidah pembeli,” ungkapnya. (*)

Jurnalis: Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search