TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Meningkatkan Risiko Kematian Dini?

16/01/2019 - 05:20 | Views: 10.58k
ILUSTRASI: (FOTO: foxnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Terlalu lama duduk bukanlah kebiasaan yang baik. Ada bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda terlalu lama duduk dan malas bergerak. Salah satu bahaya duduk terlalu lama adalah risiko kematian dini.

Dilansir dari Tabloid Bintang, terlalu lama duduk dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan hingga risiko kematian muda yang lebih tinggi. Namun, studi terbaru terhadap 8 ribu orang usia 45 tahun ke atas yang dimuat dalam Jurnal Epidemiologi Amerika mengungkap fakta bahwa jika seseorang mengganti setengah jam saja kegiatan duduk atau berbaring dengan kegiatan fisik sekecil apa pun intensitas dan frekuensinya, maka risiko kematian dini akan berkurang sebanyak 35 persen.

“Penemuan kami menggarisbawahi pesan kesehatan yang penting bahwa kegiatan fisik sekecil apa pun sangat bermanfaat bagi kesehatan,” kata Keith Diaz, Ph.D., asisten profesor kedokteran Universitas Columbia di Amerika Serikat yang tergabung dalam tim penelitian ini.

Itu sebabnya Diaz mengimbau agar tidak malas bergerak, tidak duduk terlalu lama, dan rutin melakukan kegiatan fisik demi kesehatan yang lebih baik dan harapan hidup yang lebih panjang. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search