TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Tangan Bau Bawang Putih, Begini Tips Menghilangkannya

18/01/2019 - 01:38 | Views: 20.32k
Cara menghilangkan bau bawang putih di tangan (FOTO: Ilustrasi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur orang Indonesia adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak hampir di setiap jenis masakan.

Selain sebagai bumbu masak bawang putih ternyata ampuh juga untuk menangkal beberapa jenis penyakit.

Namun, bawang putih juga dapat membuat tangan menjadi bau ketika kita mulai mengolah atau mengirisnya. Sabun saja tidak cukup untuk menghilangkan jejak bawang putih di tangan kita, kadang baunya tidak akan hilang sampai berhari-hari.

Nah untuk menghadapi situasi seperti ini anda tidak perlu bingung. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bau bawang putih yang bisa anda coba di rumah.

1. Memegang alat stainless

Gosok tangan anda ke benda yang terbuat dari stainless steel, misalnya sendok, oven atau bak cuci piring. Bau bawang yang terjadi karena mengandung sulfur di dalamnya akan bereaksi dengan chromium yang terdapat di stainless steel yang kemudian akan membantu menetralisir bau bawang dari tangan anda.

2. Cuka

Teteskan beberapa tetes cuka pada tangan dan ratakan ke seluruh sudut tangan sebelum mencucinya dengan sabun. Bau cuka memang tajam, akan tetapi dapat menetralkan bau tajam lainnya dan baunya mudah hilang hanya dengan sabun.

3. Kopi

Bubuk kopi dikenal dapat menghilangkan aneka jenis bau di rumah, tak terkecuali bau bawang pada tangan anda. Tambahkan bubuk kopi secukupnya pada saat anda sedang mencuci tangan untuk menetralkan bau bawang.

4. Pasta gigi

Oleskan sedikit pasta gigi ke tangan anda, lalu gosok sebentar. Setelah itu bilas hingga bersih dan tangan andapun akan harum dengan aroma mint. Agar lebih efektif, pastikan anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, bukan yang berbahan gel.

5. Garam

Letakan garam di telapak tangan anda, lalu beri sedikit air dan gosok tangan anda selama beberapa saat. Setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

6. Air lemon

Rendam tangan anda dengan air perasan lemon dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Hal ini akan membantu menghilangkan bau bawang yang menempel pada tangan anda dan akan membuat tangan anda harum. Pastikan tangan anda tidak terdapat luka gores agar tidak terasa perih.

7. Jus Tomat

Ternyata air yang ada di dalam tomat juga bisa menghilangkan bau tidak sedap yang menempel di tangan kita, salah satunya bau bawang. Cukup rendam jari-jari tangan anda pada jus tomat hingga bau tersebut hilang.

Bagaimana? Mudahkan cara-cara menghilangkan bau bawang putih di tangan anda? Jadi jangan takut lagi untuk menggunakan bawang putih pada saat anda memasak. (*)

Jurnalis: Nadya Rahma Putri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search