TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Langkah Mudah Mengatasi Gigi Sensitif

18/01/2019 - 05:17 | Views: 12.61k
Ilustrasi - Tips mengatasi gigi sensitif (Foto: Thinkstockphotos)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGigi sensitif membuat kita tidak bisa menikmati makanan-makanan tertentu seperti es dan makanan manis karena efek ngilu setelahnya. Hal itu jelas mengganggu dan membuat kita merasa tak nyaman saat menikmati makanan.

Selain menghindari makanan tertentu, Anda juga harus menjaga kesehatan gigi dengan benar. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi sensitif.

1. Sikat gigi dengan benar
Banyak orang biasanya tidak begitu memperhatikan cara menyikat gigi yang baik. Kebanyakan sering menyikat gigi dengan cepat dan keras. Padahal, cara seperti itu justru akan membuat gigi terluka sehingga sensitivitas gigi bertambah. Cobalah untuk menyikat gigi secara perlahan, terutama di bagian garis gusi supaya jaringan pada gusi tidak hilang.

2. Memakai pasta gigi khusus
Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif bisa membantu mengurangi efek ngilu saat menikmati makanan. Pasta gigi yang mengandung fluoride sangat dianjurkan buat yang punya gigi sensitif. Beberapa di antaranya juga terdapat bahan aktif seperti potasium nitrat. Jika digunakan secara rutin, gigi akan lebih sehat dan tidak mudah ngilu.

3. Hindari makanan dan minuman asam
Tidak hanya perawatan khusus untuk gigi saja, membatasi makanan dan minuman yang dikonsumsi ternyata juga dapat mengurangi gigi sensitif. Supaya gigi sensitif tidak bertambah parah, ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman asam. Jika terlanjur mengonsumsinya, jangan lupa untuk menyikat gigi 20 menit setelahnya. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search