TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Atasi Stres Saat Kerja, Begini Caranya...

18/01/2019 - 15:47 | Views: 11.11k
ILUSTRASI: Stress kerja (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada dasarnya, dunia kerja adalah dunia yang penuh tekanan. Pekerjaan yang tidak ada habisnya tentu membuat tekanan serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan bagi beberapa orang. Sering kali hal seperti ini menjadi pemicu stress di tempat kerja.

Ada banyak sekali alasan yang mungkin menjadi penyebab stres kerja, baik itu berasal dari faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari diri sendiri. Dan tidak menutup kemungkinan jika hal ini tidak ditangani dengan cepat akan mempengaruhi kinerja kerja bahkan sampai hengkang dari perusahaan.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan stres yang dapat anda coba.

1.     Tarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam akan membantu anda meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang sehingga tubuh anda akan lebih rileks dan dapat meningkatkan fokus anda.

2.     Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara menghilangkan stres. Dengan mendengarkan lagu favorit anda, maka anda akan lebih tenang dan rileks.

3.     Lakukan olahraga kecil

Melakukan peregangan tubuh atau stretching saat bekerja dapat membantu melancarkan peredaran darah keseluruh bagian tubuh dan juga otak. Hal ini dapat membantu menurunkan tingkat stres kerja.

4.     Gunakan waktu istirahat dengan efektif

Saat istirahat tiba, sempatkanlah diri untuk keluar kantor mencari cemilan atau sekedar makan bersama rekan kerja yang lain. Selain membantu hubungan baik dengan rekan kerja, hal ini juga dapat membantu anda untuk sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan kerja.

5.     Ciptakan lingkungan kerja yang baik

Kondisi lingkungan kerja tentunya memegang peranan penting terhadap baik buruknya kualitas kinerja karyawan. Mulailah membangun komunikasi yang baik antar rekan kerja. Karna jika komunikasi terjaga, maka keharmonisan tim dan hubungan pertemanan akan semakin erat, sehingga jika ada permasalahan pada pekerjaan, hal ini bisa diselesaikan secara bersama dan bahu membahu.

6.     Istirahat sejenak

Hal yang paling penting untuk mengatasi stres dikantor yaitu dengan beristirahat. Apabila anda sudah merasa sampai pada titik jenuh ketika melakukan pekerjaan dikantor, anda bisa beristirahat dan berjalanan ke kantin mungkin sekedar minum kopi atau melakukan meditasi selama 5 menit.

7.     Jangan menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan justru menjadi pemicu stress ditempat kerja. Semakin sering anda menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan itu nantinya. Buatlah daftar priotitas pekerjaan agar membantu anda bekerja lebih efektif dan disiplin, sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Jurnalis: Nadya Rahma Putri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search