TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Pemkab Tuban Terus Genjot Pengembangan Destinasi Wisata Tuban Bumi Wali

18/01/2019 - 16:16 | Views: 22.46k
Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., saat peninjauan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, di Dampingi sejumlah lah pejabatnya, Kamis (17/01/2019)(Foto: Agus Humas Pemkab Tuban For TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Pemerintah Kabupaten Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony, akan terus melakukan pengembangan terhadap destinasi wisata. Karena potensi yang ada di setiap objek wisata yang ada di desa, dinilai memiliki karakter dan memikat banyak wisatawan lokal dan nasional.

Berdasarkan data Media Center Tuban, jumlah pengunjung Pemandian Bektiharjo tahun 2018 tercatat 126.586 orang. Di objek wisata Tapan Andongsari, Grabagan, setiap minggunya tercatat kurang lebih 300 orang berkunjung.

Peninjauan-Tuban-2.jpg

Sedangkan, di lokasi Wisata Gununganyar selain sendang, juga berpotensi dikembangkan kebun mawar. Sementara di Sendang Gede Jegulo pengembangan akan difokuskan pada pemanfaatan lahan untuk perkebunan.

Di lokasi Agro Park Klumpit pengembangan difokuskan pada melengkapi berbagai fasilitas penunjang. 

"Sampai saat ini, sebagian besar objek wisata masih dikelola Pemdes dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. Selain itu, pengembangan objek wisata harus memenuhi standar keamanan. Di samping itu, dalam pengelolaan juga dapatnya melibatkan masyarakat setempat," ungkap Wakil Bupati Tuban, Ir H Noor Nahar Hussein, saat peninjauan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban Bumi Wali, Kamis (17/01/2019).

Adapun destinasi wisata yang dikunjungi Wabup diantaranya, wisata Pemandian Bektiharjo, Tapan Andongsari,  Wisata Air Gununganyar, Sendang Gede Jegulo, dan Agro Park Klumpit.

"Peninjauan ini bertujuan untuk mendata potensi wisata di desa-desa di Kabupaten Tuban. Mengingat setiap objek wisata di desa memiliki kekhasan tersendiri," ucapnya.

Untuk memaksimalkan pengembangan objek wisata, Pemkab Tuban bersama pemerintah Kecamatan dan desa setempat, akan melibatkan pihak swasta. 

"Diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat," imbuh Wabup.

Lebih lanjut, data yang telah terkumpul, kedepan akan dijadikan roadmap wisata Bumi Wali. Pemkab Tuban juga akan meningkatkan promosi terkait peta wisata di Kabupaten Tuban. 

“Sehingga mampu meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Wali,” tutur Wabup.

Dalam kunjungan itu, turut hadir sejumlah pimpinan OPD antara lain Kepala Disparbudpora, BAPPEDA, Dinas PRKP, Satpol PP, Dishub, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony. (*)

Jurnalis: Safuwan
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Top

search Search