TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Sinergi dengan Masyarakat, Babinsa Kodim 0824 Jember Bersihkan Sungai

18/01/2019 - 12:30 | Views: 13.65k
Babinsa mayangan Serda Ibnu Hidayat mengangkat enceng gondok di Sungai Besini. (fOTO: AJP/ TiMES Indonesia)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sungai Besini di Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, jadi saksi kedekatan TNI dan masyarakat. Ya, Jumat (18/01/2019) pagi Babinsa dari Koramil Gumukmas, Kodim 0824 Jember, manungga kerja bakti bersama masyarakat memebrsihkan kali dari enceng gondok.

Dalam kerja bakti tersebut turut hadir Babinsa Serda Ibnu Hidayat bersama 50 orang warga. Mereka tak segan turun ke sungai dan mengangkat enceng gondok yang memenuhi permukaan sungai.

Menurut Supardi, 39, warga yang turut kerja bakti bersama TNI, menyampaikan bahwa setiap musim penghujan memang seperti ini tumbuhan enceng gondok memenuhi permukaan air. Ini sangat membahayakan karena derasnya arus tidak kelihatan. Di sisi lain banyak nyamuk yang menghuni sehingga berdampak kurang sehat.

Kodim-enceng-gondok-sungai-besini2.jpg

"Untuk itu kami masyarakat sepakat untuk dilakukan kerja bakti ini dan saya atas nama masyarakat juga menyampaikan terima kasih karena Pak Babinsa yang turut hadir ikut turun ke sungai membantu kerja bakti ini. Sehingga kita lebih semangat dan memantapkan kebersamaan TNI dan masyarakat,'' ujar Supardi.

Danramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Erwin Daut sangat mengapresiasi kerja Babinsa di wilayahnya. Keberadaan Babinsa rangka menyemangati, memotivasi masyarakat agar menjaga kekompakan menangani permasalahan lingkungan melalui kegiatan kerja bakti gotong royong seperti ini.

Kodim-enceng-gondok-sungai-besini3.jpg

Sementara, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dan Babinsa Mayangan tersebut. Hal tersebut merupakan bagian dari impelmentasi Pembinaan Teritorial yang mewajibkan Babinsa untuk selalu berada ditengah-tengah masyarakat utamanya saat ada kegiatan-kegiatan seperti itu. (*) 

Penulis: Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-1 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search