TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Keren! Kabupaten Malang Miliki Goa Lowo di Tepi Pantai

18/01/2019 - 18:08 | Views: 16.53k
Goa Lowo yang terletak di Ekowisata Lenggoksono Kabupaten Malang Jawa timur memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan suguhan keluarnya ribuan kelelawar dari mulut gua tersebut. (FOTO: Mukhlis for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKabupaten Malang menyimpan sejuta pesona wisata alam, salah satunya adalah Goa Lowo, yang berada di tepi pantai.

Obyek wisata ini terletak di area Ekowisata Bowele (Bolu-Bolu, Lenggoksono dan Wedi Awu) Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Goa-Lowo-3.jpg

Untuk menuju obyek wisata petualangan ini, harus menggunakan perahu berangkat dari tepi Pantai Lenggoksono. Waktu tempuh perjalanan menuju tempat tersebut selama 30 menit.

“Untuk menuju Goa Lowo, ombak harus tenang. Alasannya faktor keselamatan selama perjalanan menggunakan perahu, yang mengharuskan ombak landai atau tenang,” ujar Ketua Pokdarwis Bowele, Mukhlis, kepada TIMES Indonesia, Jumat (18/1/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk memantau kondisi ombak, bisa dilakukan melalui aplikasi yang terinstall di smartphone android.

Apabila ombak aman, kata dia, maka perjalanan menuju goa lowo boleh dilakukan. Selama perjalanan, disuguhi pemandangan alam yang luar biasa.

Sisi kanan kiri terdapat banyak pepohonan serta hutan. Selain itu, ada gugusan terumbu karang yang semakin melengkapi keindahan pemandangan di tempat tersebut.

Goa-Lowo-2.jpg

“Goa Lowo ini berada di Teluk Ngasem. Sehingga, di sekitarnya banyak pemandangan yang indah,” kata Mukhlis. Sesampainya di depan goa, disuguhkan pemandangan luar biasa.

Yakni berupa lubang goa berukuran besar dengan ketinggian 12 meter. Sedangkan kedalaman goa sekitar 50 meter.

Menurut Mukhlis, goa tersebut menjadi habitat ribuan kelelawar serta ular.

“Kalau sore hari, disuguhkan pemandangan indah dengan keluarnya ribuan kelelawar dari dalam goa,” kata pria ramah ini.

Moment itu kata dia, jarang ditemui di tempat lain. Biasanya moment itu diabadikan oleh fotografer.

“Biasanya saya membawa fotografer petualangan menuju tempat ini. Selain itu, wisatawan yang suka petualangan serta andrenalin, bisa mencoba datang ke Goa Lowo,” tuturnya.

Meski goa tersebut menjadi habitat ribuan kelelawar serta ular, dia memastikan akan untuk digunakan wisata petualangan.

“Syaratnya saat berwisata di Goa Lowo harus bersama pemandu yang merupakan warga setempat,” imbuhnya.

Menurutnya, karena keindahan alamnya dan moment jarang ditemui keluarnya ribuan kelelawar, tempat tersebut selalu dikunjungi wisatawan.

“Banyak wisatawan yang minta diantar ke tempat ini. Selain itu, di goa Lowo juga bisa digunakan untuk cliff diving,” kata pria yang juga pengelola ekowisata Bowele di Kabupaten Malang itu. (*)

Jurnalis: Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search