TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gawainesia

BlueBerry Guitar Maha Karya Anak Bangsa

05/02/2019 - 16:18 | Views: 25.70k
pengerajin gitar di Bali, I Wayan Tuges. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, DENPASARBlueBerry Guitar adalah salah satu maha karya anak bangsa dari tangan pengerajin gitar di Bali, I Wayan Tuges. Gitar karya Wayan Tuges ini telah mendunia dan banyak digunakan para musisi Indonesia dan manca negara.

Sederet musisi manca negara menggunakan karya gitar ukir Wayan Tuges ini, diantaranya Paul Deslaurier, Golden Earing Band, dan George Kooymanns. Sedangkan untuk musisi Indonesia  yang menggunakan gitar ini diantaranya Iwan Fals dan Dewa Bujana.

Bluberry-Guitar.jpg

Bahkan Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat memesan khusus seniman asli Desa Guang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Setiap gitar Wayan Tuges memang dipenuhi dengan ukiran yang berbeda antar satu dengan lainnya. Dalam ukiran gitarnya, Wayan Tuges memasukkan pesona alam Indonesia, khususnya simbol-simbol khas bali seperti burung Jalak Bali.

BlueBerry Guitar ini juga menjadi ikon kebudayaan Indonesia yang tak lekang dihempas kemajuan teknologi. Wayan Tuges juga berkolaborasi dengan Doddy Hernanto atau Mr D untuk menambahkan sentuhan teknologi.

Bluberry-Guitar-2.jpg

Kolaborasi Wayan Tuges dan Mr D ini menghasilkan karya baru yaitu BlueBerry Gitar Gawai yang disingkat BlueBerry G2. Keistimewaan lain dari gitar ini juga terlihat pada lehernya (head neck) yang dilengkapi tronical tune robotik untuk stem gitar. Seperti gitar karya Mr D terdahulu, Blueberry G2 tersambung dengan gawai iphone berikut app store.

Dalam perkembangannya, gitar Wayan Tuges ini menginspirasi berbagai kalangan untuk memajukan kebudayaan asli Indoenesia.

Director Of Operation BYU, Dian Desiana menyebutkan bahwa seperti yang dikatakan Kahlil Gibran, "Musik adalah bahasa roh. Musik membuka rahasia kehidupan yang membawa kedamaian, menghapus perselisihan."

Bluberry-Guitar-3.jpg

Oleh karena itu, Berry Biz sebagai bagian dari pusat bisnis kreatif di Bali merasa sangat terhormat menjadi rumah bagi ikon gitar berry biru dari Beli Wayan Tuges. 

"Ketika kita melihat gitar, kita tidak hanya berbicara tentang instrumen musik tetapi kita berbicara tentang karya besar, ini adalah saat cinta dan keterampilan bekerja bersama," katanya. 

Dian pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi Wayan Tuges yang terus berkreasi untuk bangsa Indonesia. Menurutnya, gitar Wayan Tuges merupakan salah maha karya anak bangsa yang menginspirasi dunia.

"Terima kasih Pak Wayan Tuges karena selalu menginspirasi kami untuk membuat karya," tambahnya.

Bluberry-Guitar-4.jpg

Selain membuat gitar ukir, Wayan Tuges juga sempat pesanan dari band ternama dunia, yakni, Walk off the Earth. Pesanan tersebut cukup unik karena memadukan lima alat musik yang dipadukan jadi satu, yakni gitar, harpa, ukulele, kalimba, dan washboard dalam satu alat musik yang dinamakan guiharpulele.

Karya Tuges ini yang sukses memadukan lima jenis alat musik menjadi satu merupakan karya monumental satu-satunya di dunia.

Times-Berry.jpg

Salah satu karya gitar ukir I Wayan Tuges ini nantinya akan diletakan di Hotel Berry Biz Bali, yang juga kawasan kantor TIMES Indonesia di Bali. BlueBerry Guitar Wayan Tuges ini nantinya juga diharapkan mampu menginspirasi semua kalangan yang berkunjung ke Hotel Berry Biz Hotel(*)

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search