TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

BPPB Batu Mengedukasi Peternak Sapi Perah melalui Pelatihan Vokasi

11/02/2019 - 01:45 | Views: 12.31k
Peserta Berdiskusi dalam Kandang Sapi Perah. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu menggelar try-out Pelatihan Vokasi budidaya sapi perah pada 04 hingga 10 Februari 2019. Pelatihan ini diikuti oleh peternak dari Malang Raya.  

Pelatihan digelar untuk membarikan edukasi pada peternak dalam menghadapi era millenial. Pelatihan ini juga menanamkan mindset kepada peserta bahwa pemilihan usaha dan komoditas yang telah ditetapkan untuk menjalankan pekerjaannya sehari-hari sudah tepat dan perlu meningkatkan pengelolaannya agar pendapatannya bertahan atau lebih meningkat.

Sapi-Perah2.jpg

Mulai dari perekrutan peserta sudah bekerja sama dengan Koperasi Unit Desa (KUD) agar terjadi evaluasi yang berkesinambungan, terhadap hasil penerapannya di lapangan.

Untuk memastikan bahwa tujuan pelatihan adalah meningkatkan menejemen kerja, maka diidentifikasi tingkat pemilikan sapi perah peserta yang semuanya juga anggota KUD yaitu 2 hingga 40 ekor.

Materi yang dipilih antara lain “Memilih Bibit Sapi Perah, Memelihara Pedet Dara dan Induk Laktasi,  Manajemen Pakan Ternak, Mengelola Kesehatan dan Fisiologi Reproduksi, Membuat Catatan Recording, Analisa Usaha Ternak Sapi Perah”.

Metode pelatihan yang digunakan lebih banyak curah pendapat, problem solving dan analisis faktor penyebab secara teknis, sosial, ekonomis, lingkungan, hukum dan politik.

Pendekatan pembelajaran langsung berdiskusi di lapangan (kandang), laboratorium dan gudang pakan serta ruang pemeriksaan kesehatan hewan. Widyaswara juga melakukan analisis kasus-kasus, kemudian kunjungan lapangan, dimaksudkan untuk studi banding aspek-aspek menejemen agribisnis sapi perah.

Try-out dari BBPP Batu ini diharapkan menjadi perhatian untuk mendesain pelatihan vokasi yang memadai secara prinsip dan penyediaan anggaran. (*)

Penulis: Tri Handajani (CR-103)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search