TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Tingkatkan Serapan Gabah, Babinsa Sumberwringin Kodim 0824 Jember Dampingi Petani Saat Panen

11/02/2019 - 10:35 | Views: 16.78k
Pelda Mulyadi bersama Serda Srianto dan PPL saat melaksanakan pendampingan panen padi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kegiatan pendampingan pertanian oleh anggota TNI AD untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional yang merupakan kerja sama antara Kementrian Pertanian dengan TNI AD, tidak hanya pada pola tanam dan perawatan tanaman. Namun juga menyangkut sarana dan prasarana pendukung serta penyerapan gabah petani saat panen untuk memperkuat persediaan gabah pemerintah di Bulog. Termasuk di wilayah jajaran Kodim 0824 Jember.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Babinsa Sumberwringin Pelda Mulyadi bersama Serda Srianto dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) M. Sholeh yang melaksanakan pendampingan pertanian saat panen padi, Senin (11/2/2019).

Kodim-panen-padi2.jpg

Panen padi tersebut dilakukan di lahan milik Hadi S., salah satu anggota Kelompok Tani Karya Tani yang memiliki luas 1 hektare dengan hasil ubinan mencapat  5,2 ton per hektare.

Pada kesempatan tersebut, Serda Srianto bersama M. Sholeh mengimbau pemilik lahan untuk menjual hasil panennya kepada Bulog Sub Divre Jember. Serta melakukan percepatan tanam kembali dalam rangka mendukung upaya khusus peningkatan luas tambah tanam (LTT).

Kodim-panen-padi3.jpg

Komandan Koramil 0824/04 Sukowono Kapten Arm Sugiono menyampaikan bahwa peran Babinsa pada kegiatan pendampingan bersama PPL tersebut memberikan pembinaan dalam meningkatkan produksi pertanian.

"Kegiatan itu berdampak pada kesejahteraan petani serta penguatan swasembada pangan nasional," kata Sugiono.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi kegiatan-kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Koramil melalui Babinsa jajarannya sebagai implementasi  program Ketahanan Pangan Nasional dalam meningkatkan produksi pertanian melalui upaya khusus yang dilakukan bersama PPL serta petugas pertanian lainnya. (*)

Penulis: Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search