TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

Dewan Pers: Agar Terverifikasi, Perusahaan Media Online Segera Mendaftarkan Diri

11/02/2019 - 22:49 | Views: 36.86k
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mengimbau seluruh perusahaan media online yang belum terdaftar di Dewan Pers, segera mendaftarkan diri dan mengurus syarat administrasinya, agar segera terverifikasi oleh Dewan Pers.

"Kami sudah imbau segera tertib administrasi dan mengikuti uji kompetensi untuk wartawan, di luar itu, yang sifatnya pencegahan ya, dewan pers datang ke suatu daerah," ujar Yosep kepada wartawan saat ditemui di kantor Dewan Jl Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Yosep juga mengaku dewan pers sudah melakukan sosialisasi ke berbagai perusahaan sampai ke daerah bagaimana cara mengurus segala administrasi tersebut. Serta mengedukasi mereka agar terus melawan hoaks sebagai kejahatan informasi.

"Kita melakukan sosialisasi terkait administrasi, menjelaskan bagaimana memerangi hoaks, kemudian kalau dapat informasi merugikan bagaimana mengadukannya, media literasi sudah kami lakukan sampai ke berbagai daerah," kata Yosep.

Yosep berharap, ke depan, agar perusahaan media online tak disebut abal-abal karena belum pernah terdaftar di Dewan Perssegera melakukan tertib administrasi, agar supaya tidak kena takedown medianya. "Sistemnya harus langsung ditakedown, iya ini kan enak aja orang bikin media tidak ngurus badan hukum. Apalagi menggunakan blog, nulis bupati ini-itu dituduh korupsi, pengaduan banyak sekali sekarang," tutur Ketua Dewan Pers ini. (*)

Jurnalis: Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search