TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Tak Ingin Berat Badan Cepat Naik, Batasi Konsumsi Makanan Ini

12/02/2019 - 07:20 | Views: 107.05k
Berat badan naik. (FOTO: Kawaii Beauty Japan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengatur pola makan adalah salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Beberapa makanan yang rasanya lezat, ternyata diam-diam bikin berat badan cepat naik. Berikut ini makanan yang harus dihindari agar berat badan tidak cepat naik.

1. Makanan yang mengandung pati (tepung)

Makanan yang mengandung pati (tepung), seperti nasi putih, roti putih, pasta, atau biskuit, mengandung rendah serat yang dapat menghambat proses pencernaan makanan. Hal ini menyebabkan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh jadi meningkat.

Jika kadar insulinnya meningkat, ditambah lagi dengan asupan karbohidrat yang terlalu banyak, sel-sel lemak akan kesulitan membakar glukosa menjadi energi. Alhasil, lemak dalam tubuh malah makin menumpuk dan menyebabkan berat badan naik.

2. Makanan dan minuman manis

Bagi Anda penikmat makanan manis seperti kue, es krim, soda, atau permen, sebaiknya coba kurangi porsinya. Jenis makanan dan minuman ini bisa memicu kenaikan berat badan.

Semakin banyak asupan gula, kadar glukosa darah jadi meningkat dan sulit diubah menjadi energi. Maka jangan heran jika nantinya jumlah lemak dalam tubuh jadi bertambah dan berat badan terus naik.

3. Daging merah dan olahannya

Konsumsi daging merah dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan berat badan, baik pada orang yang berat badannya normal maupun lebih.

Tak hanya itu, daging merah dan olahannya, misalnya sosis, juga mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari kolesterol tinggi, hipertensi, hingga penyakit jantung.

4. Kentang goreng

Kentang goreng sering digunakan sebagai camilan saat menonton TV. Namun sayangnya, makanan asin gurih yang bikin ketagihan ini juga bisa menyebabkan berat badan cepat naik. Pasalnya, setiap 100 gram kentang goreng mengandung 312 kalori yang setara dengan satu porsi sarapan.

Jika tak ingin berat badan cepat naik, Anda hindari atau kurangi konsumsi makanan di atas. Jaga pola makan agar Anda mendapatkan berat badan ideal. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search