TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik

Tanggapi Survei Charta Politika, PKB Yakin Dapat Kursi di Dapil Jakarta II

12/02/2019 - 06:18 | Views: 36.02k
Ahmad Iman. (FOTO: Sahlan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Politikus PKB, Ahmad Iman menanggapi positif hasil survei Charta Politika terkait elektabilitas Partai dan Caleg di Wilayah DKI Jakarta, khusus untuk Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri. Dia yakin PKB bakal merebut satu Kursi di DPR RI.

"Kita apresiasi survei Charta Politika sebagai masukan untuk bekerja lebih keras. Kita pasti akan terus berjuang dan optimis. Minimal PKB dapat satu kursi. Sebab elektabilitas partai saja ada di posisi keempat," kata Ahmad Iman kepada Wartawan di Jakarta, Senin (12/02/2019).

Caleg DPR RI nomor urut 1 dari PKB untuk Dapil Jakarta II ini yang dalam survei dianggap sebagai Caleg potensial dan meraih elektabilitas 2,9 persen itu meyakini bahwa posisi PKB bakal naik terus terutama sejak awal tahun 2019.

Bahkan dalam beberapa minggu terakhir ada indikasi dukungan ke PKB semakin kuat seiring konsolidasi yang terus menerus dilakukan.

"Ikhtiar terus kita lakukan, dan kalau melihat pergerakannya memang PKB naik terus dari hari ke hari. Saya juga terus konsolidasi dengan teman-teman, terjun langsung ke bawah," katanya.

"Kita yakin (PKB dapat satu suara), sebagaimana survei Charta Politika Insyaa Alloh minimal satu kursi di dapil Jakarta II dalam genggaman PKB," kata Iman.

Ahmad Iman yang juga Ketua Umum Gabungan Aliansi Rakyat Daerah untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) mengingatkan, elektabilitas Caleg Dapil Jakarta II sangat fluktuatif, khususnya antara posisi empat, lima, enam, tujuh, dan delapan karena selisihnya sangat sedikit. 

Sedangkan pemilih untuk wilayah luar negeri belum masuk dalam survei.

"Semangat kami di PKB semakin meningkat, apalagi jika pemilih luar negeri dimasukkan, maka kami yakin PKB akan semakin makin kuat. Sebab saya sendiri punya wadah untuk perjuangan saudara-saudara pekerja migran kita di luar ngeri. Makanya kalau pemilih luar negeri masuk, elektabilitas PKB Insyaa Alloh semakin besar lagi," tegas Iman yang juga Ketua Jaringan Lingkar Buruh Migran Indonesia (Jangkar Bumi).

Tak berhenti sampai di situ, Ahmad Iman yang juga mantan wartawan menilai PKB dapat diterima dengan baik oleh kalangan milenial di wilayah Jakarta. Sebab, PKB menawarkan gagasan yang sangat sesuai dengan kalangan Milineal. Misalnya soal lapangan kerja, pendidikan, peluang usaha masa depan yang semakin baik, dan sebagainya.

"Ini belum bicara kalangan pemilih milenial, maka saya semakin yakin akan bisa rebut satu kursi di Dapil Jakarta II. Kebanyakan milenial, pelajar, mahasiswa, para pekerja muda cenderung ke PKB. Apalagi dari kalangan Nahdliyin, Insyaa Alloh semua istikomah ke PKB," jelas Iman.

Sebelumnya, Charta Politika merilis survei tentang elektabilitas Parpol di Dapil Jakarta II. 

Partai Gerindra digadang - gadang bakal meraup suara sebanyak 27 persen, PDI-Perjuangan (24,6 persen), PKS (8,3 persen), PKB (4,3 persen), Golkar (4,1 persen), Demokrat (3,4 persen), PAN (3,3 persen), Nasdem (2,4 persen), PPP (2,1 persen), PSI (1,9 persen), sedangkan partai lainnya di bawah 1 persen.

Dapil Jakarta II sendiri menyediakan jatah tujuh kursi DPR RI. Jadi, apabila mengacu pada komposisi perolehan suara atau elektabilitas partai politik, maka perolehan kursi DPR RI untuk Dapil Jakarta II masing-masing adalah Gerindra akan merebut tiga kursi DPR atau naik dibanding 2014 yang meraih satu kursi, disusul PDI-P akan merebut dua kursi alias sama dengan perolehan kursi 2014.

Selanjutnya, partai PKS bakal memperoleh satu kursi atau sama dengan perolehan kursi 2014. Sedangkan Partai PKB disebut - sebut bakal mendapatkan satu kursi DPR RI(*)

Jurnalis: Alfi Dimyati
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search