TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Desa Karangnangka Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa

12/02/2019 - 21:29 | Views: 22.21k
Pelaksanaan Musrenbangdes 2019 di Desa Karangnangka, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Selasa (12/2/2019). (FOTO: TIMES Indonesia)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Pemerintah Desa Karangnangka, Kecematan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terus menggenjot perbaikan pembangunan infrastruktur desa setempat. Aneka program sudah mulai direncanakan. Hal itu masuk dalam Musrenbangdes 2019.

Dalam acara monitoring dan Musrenbangdes 2019, Selasa (12/2/2019), yang digelar di Pendapa Desa setempat, hadir Camat Raas, Kasi PMD Polsek Raas, Danramil Raas dan PL Desa.

Musrenbangdes-2019-2.jpg

Selain itu, acara monitoring dan Musrenbangdes 2019 itu juga melibat BPD, Kader PKK, Tokoh masyarakat, tokoh Agama, Tokoh pemuda, kelompok tani, kelompok nelayan, dan Gapoktan Desa Karangnangka.

Adapun tujuan dari Musrenbangdes itu untuk mengevaluasi pembangunan tahun 2018. Selanjutnya perencaan program pembangunan tahun 2019 Desa Karangnangka.

Dalam Musrenbangdes 2019 itu, untuk menjaring aneka aspirasi dan usulan dari berbagai pihak yang hadir. Misalnya, ada beberapa usulan, meminta bagaimana jalan usaha tani bisa direalisasikan. Usulan pembangunan pengaspalan jalan yang kini sudah dimakadam.

Selain perbaikan jalan, juga diusulkan pembangunan drainase di beberapa lokasi. “Untuk di Dusun Gunung, dan dusun lainnya, jalan usaha tani sudah dikerjakan di tahun 2018,” jelas Kepala Desa Karangnangka Radhafir.

Menurutnya, pembangunan untuk tahun 2018 memang belum selesai 100 persen. “Karena masih ada kendala proses pembebasan lahan yang sulit. Banyak pemilik tanah tidak mau dibebaskan untuk dibangun jalan usaha tani,” akunya.

Namun kata Radhafir, untuk pengaspalan sudah masuk pada perencanaan tahun 2019. Misalnya, di Dusun Gunung, jalan usaha tani dan TPT sudah masuk dalam perencanaan tahun 2019,” terangnya.

Selanjutnya, untuk di Dusun Darpa, pembangunan Drainase dan Pengaspalan sudah masuk perencanaan tahun 2019. Adapun sumber pembangunan tersebut adalah dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Dalam acara Musrenbangdes tahun 2019 Desa Karangnangka itu, Camat Raas, Didik Wahyudi, M.Si menegaskan, bahwa dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur desa itu, harus ada kesiapan tempat atau lahan. “Untuk pembangunan fasilitas umum, harus ada hibah,” katanya. (*)

Penulis: Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search