TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Desa

Kepala Staf Kodim 0824 Jember Hadiri Peresmian Sumur Bor di Silo

12/02/2019 - 12:45 | Views: 15.09k
Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak saat menghadiri acara peresmian sumur Bor

my_location Fokus Berita

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kepala Staf Kodim 0824 Jember Mayor Inf Sampak menghadiri peresmian sumur bor bantuan dari Kementerian ESDM di Dusun Sumberpakem, Desa Silo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Selasa (12/2/2109). Persesmian tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arif.

Tampak hadir juga dalam peresmian tersebut, anggota Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi, perwakilan dari Kementerian ESDM Endang Sutisna, jajaran Muspika Silo, ratusa masyarakat setempat.

Kodim-peresmian-sumur-Bor2.jpg

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arif mengatakan bahwa air merupakan kebutuhan dasar manusia.

"Untuk itu bantuan ini tentunya sangat memberikan manfaat bagi warga Silo dan tanpa harus dimasak air ini dapat langsung diminum," kata Muqit.

"Untuk itu atas nama masyarakat Jember saya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian ESDM atas bantuan ini, dan program ini memang dilaksnakan di lokasi-lokasi yang sulit mencari sumber air seperti di Silo ini yang merupakan daerah ketinggian," sambungnya.

Kodim-peresmian-sumur-Bor3.jpg

Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Hariadi dalam kegiatan yang sama menyampaikan bahwa selaku wakil rakyat diriya ikut bertanggung jawab untuk membantu kesulitan masyarakat, utamanya menyangkut kebutuhan air bersih yang menjadi bagian dari tugas di komisinya.

Sementara itu, perwakilan dari Kementerian ESDM Endang Sutisna menyampaikan bahwa program seperti ini dilakukan di seluruh Indonesia.

Khusus di Kabupaten Jember sejak 2006 pihaknya telah menyelesaikan 33 titik. 

Tahun 2018 saja di Kabupaten Jember menyelesaikan sebanyak 12 titik termasuk ini di Desa Silo," tuturnya.

Dia juga menerangkan bahwa sumur bor tersebut memiliki kedalaman mencapai 110 - 180 meter, menggunakan pompa 3 PK, genset 12,5 kph, dan tandon air berkapasitas 5.200 liter ini serta mampu mencukupi kebutuhan air bersih untuk 2.600 jiwa.

Usai kegiatan tersebut, Kepala Staf Kodim 0824 Jember Mayor Inf Sampak mengatakan bantuan sumur bor tersebut sangat membantu masyarakat yang tinggal di daerah-daerah ketinggian dan kesulitan air bersih. "Seperti di daerah Silo ini kalau membuat sumur manual tentunya sangat sulit sekali menemukan sumber air. Untuk itu melalui bantuan dari Kementerian ESDM ini akan sangat membantu kebutuhan dan kesulitan masyarakat," tuturnya. (*)

Penulis: Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber :
Copyright © 2019 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search